.

Pengertian Brainware (Perangkat Intelektual) + Jenis-jenisnya

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi posting singkat tentang Perangkat Intelektual (Brainware).

Brainware (Perangkat Intelektual)


Dalam bahan ajar matakuliah Sistem Operasi yang disusun oleh Dicky Nofriansyah,S.Kom,M.Kom, hal:1 : Brainware adalah User atau Sumber Daya Manusia yang menggunakan komputer. Brainware dikategorikan sesuai dengan masing-masing keahlian atau profesi, misalnya:
  • Operator (Data Entry/EDP)
  • Programmer System
  • Analys System (Program, Database dan Network)
  • Administrator System, Network Engineer
  • Technical Engineer (Technical Support)
  • Web Developer / Web Designer
  • Animator, dll.
Brainware adalah bagian penting yang tidak bisa begitu saja dilepaskan dari sebuah sistem komputasi. Lazim kita ketahui, bahwasannya hardware tidak akan dapat bekerja tanpa software. Begitupula dengan hardware dan software, tidak dapat bekerja tanpa adanya brainware.

Secara harfiah, brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini otak manusia) yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan software yang ada.

Ada beberapa jabatan secara tepatnya istilah/sebutan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing, diantaranya adalah Programmer, System Analyst, System Administrator, Database Administrator, Database Engineer, System Integrator, Network Designer, Network Engineer, Software Engineer, Hardware Engineer, System Auditor, dan User.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai istilah-istilah di atas:

Programmer adalah orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool programming yang tersedia.

System Analyst adalah orang yang mempelajari sebuah proses bisnis, dan menuangkannya dalam sebuah rancangan sistem, sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat diwujudkan dalam sistem komputerisasi yang terintegrasi.

System Administrator adalah orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analyst dan dibuat oleh Programmer.

Database Administrator adalah orang yang mengelola sebuah sistem database.

Database Engineer adalah orang yang merancang sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan adakan pengelolaan data, baik saat ini maupun saat akan datang.

System Integrator adalah orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun kemudian hari.

Network Designer adalah orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.

Network Engineer adalah orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang networking. Dia bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.

Software Engineer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, maupun sistem operasi).
Hardware Engineer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.

System Auditor adalah orang yang bertugas mengaudit sebuah sistem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi, sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.

User adalah orang yang menggunakan sistem komputer yang ada.

Itulah tadi update singkat tentang Brainware. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya.