.

Cara Mendeteksi dan Mengatasi Aneka Permasalahan HP

By: شاهـد حاكم عبد الحالم

sinyal
1. Tidak Ada Sinyal (No Signal)
Penyebab
Switch antena rusak, bisa karena hp sering berganti cashing dan ceroboh saat memasangnya, sehingga posisi cashing kurang tepat dan merusak komponen switch antena. Kerusakan pada switch antena akan menyebabkan ponsel "searching" terus-menerus dan menyebabkan gangguan sinyal pada hp.

Switch antena yang rusak menyebabkan hp tidak dapat menerima dan mentransmisikan sinyal ke Base Transciever Station (BTS) sehingga tidak dapat masuk ke dalam jaringan operator. Kerusakan ini berhubungan dengan IC PA, RF Filter (RF IF), RF Processor (IF IC), dan switch antena. Pasalnya, keempat IC ini terkait langsung dalam proses penerimaan dan pemancaran sinyal.
Solusi
1. Cek komponen PA, RF IF, IF IC, dan switch antena.
2. Panaskan solderan timah pada komponen-komponen tersebut dengan menggunakan bot air. Secara otomatis kaki-kaki komponen tersebut akan rapi kembali dengan sendirinya. Atur suhu dan tekanan angin agar seimbang dibantu dengan cairan songka agar komponen tidak pecah. Lakukan langkah ini selama 1-2 menit.
3. Bersihkan komponen yang telah dipanaskan dan terkena cairan songka dengan menggunakan cairan IPA.
4. Uji ulang, apakah operasional sinyal sudah normal kembali. Caranya, hidupkan ponsel, perhatikan apakah indikator sinyal sudah muncul kembali.
5. Ganti dengan komponen baru jika sinyal masih belum muncul saat diuji ulang.