Definisi Ilmu Menurut Para Ahli

Ilmu merupakan padanan kata bahasa Inggris science, atau scientia (bahasa Latin). Kata kerja bahasa Latin adalah scire, yang artinya tahu atau mengetahui. Kata ini harus dibedakan dari pengetahuan (knowledge). Ilmu bukan hanya sekedar pengetahuan melainkan scientific knowledge.

Apa itu ilmu (science)? Ada banyak definisi yang saling melengkapi. Tapi definisi yang sangat umum dan mudah ialah systematic body of knowledge (bangunan pengetahuan yang sistematis). Agar lebih jelas, kita bisa mengutip pendapat John G. Kemeny tentang apa itu ilmu. Dia mendefinisikan ilmu sebagai berikut: "all knowledges collected by means of the scientific method" (semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan metode ilmiah). Jadi, ilmu adalah pengetahuan sistematis. (Elearning Gunadarma. Filsafat Ilmu. Hal:37)

Definisi Ilmu Menurut Para Ahli


Dalam Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan : Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

Contoh: Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (materiil saja) atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika membatasi lingkup pandangannya ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang kongkrit. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jauhnya matahari dari bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi sesuai untuk menjadi perawat.

Secara Etimologi Kata ilmu dalam bahasa Arab "ilm" yang mempunyai arti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan lain sebagainya.

Itulah tadi Artikel tentang Definisi Ilmu. Jika ada salah kata atau penuliasan kiranya pembaca sudi untuk memberikan koreksi saran kritik dan komentarnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.