DEFINISI, KONSEP DAN TUJUAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

1.Definisi Penjaminan Mutu
Secara umum yang dimaksud dengan penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan atandar mutu secara konsisten dan berkelanjutan sehingga konsumen, produsen, dan pihak lainnya yang berkepentingan memperoleh kepuasan. Dengan demikian, penjaminan mutu pendidikan tinggi adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sihinnga stakeholders memperoleh kepuasan.
 
2.Konsep Penjaminan Mutu 
Pendidikan di perguruan tinggi dikatakan berkualitas atau bermutu, apabila:
a.perguruan tinggi tersebut mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya (aspek deduktif).
b.perguruan tinggi tersebut mampu memenuhi kebutuhan stakeholders (aspek induktif), berupa: kebutuhan kemasyarakatan (societalneeds), kebutuhan dunia kerja (industrial needs), kebutuhan profesional (professional needs).
Dengan demikian perguruan tinggi harus mampu  merencanakan, menjalankan, dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu sebagai mana diuraikan diatas.

3.Tujuan Penjaminan Mutu
Memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan Tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan oleh  suatu perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta untuk  memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tri dharma Perguruan Tinggi. Pencapaian tujuan penjaminan mutu melalui kegiatan penjaminan mutu yang dijalankan secara internal oleh perguruan tinggi, akan dikontrol dan diaudit melalui kegiatan akreditasi yang dijalankan oleh BAN-PT atau lembaga lain secara eksternal. Dengan demikian, obyektivitas penilaian terhadap pemeliharaan dan peningkatan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan di suatu perguruan tinggi dapat diwujudkan.