.

MOTHERBOARD

Motherboard

sebelumnya | PROCESSOR
Motherboard atau biasa disingkat dengan MB, adalah sebuah papan sirkuit elektronik yang mempunya slot-slot untuk komponen lain, sehingga komponen-komponen tersebut saling terhubung dan saling bekerja sama dengan baik.


Motherboard dibedakan atas bentuk dan layout sirkuitnya yang biasa disebut dengan form factor. Dari bentuknya, motherboard biasa dibedakan menjadi 2, yaitu model desktop (monitor diletakkan di atas CPU) dan model tower (monitor diletakkan di samping CPU).

Sedangkan berdasarkan form factor yang digunakan, motherboard dibedakan atas 2 kelompok besar, yaitu ATX (Advanced Technology – diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1984) dan non ATX.

Perbedaan dari motherboard ATX dan non ATX adalah : pada MB ATX, konektor input output seperti mouse, keyboard, printer, USB dan sebagainya direkatkan jadi satu pada MB. Sedangkan pada MB non ATX, konektor input outputnya merupakan modul terpisah yang dipasangkan pada slot-slot yang tersedia di MB.

Berdasarkan kecepatan transfer data yang berjalan pada sirkuit (bus) nya, MB dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu MB dengan bus speed 66 MHz, 100 MHz, 133 MHz, 266 Mhz, dan sebagainya. Kecepatan bus MB yang beredar di pasaran saat ini adalah 800 MHz (ASUS P5AD2).

Beberapa produsen MB yang terkenal adalah ASUS, IWILL, Gigabyte, dan sebagainya.