.

RAM

RAM
sebelumnya  | MOTHERBOARD

RAM adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta oleh processor. Alur data yang disimpan dan dikeluarkan dari RAM sangat dinamis dan berkecepatan sangat tinggi.


Pemilihan RAM disesuaikan dengan form factor dari motherboard yang akan digunakan. Demikian juga dengan speed RAM yang akan digunakan, harus disesuaikan dengan speed bus motherboard yang akan dipakai. Jika speednya berbeda, maka akan timbul masalah saat komputer dijalankan.

Data yang tersimpan di RAM akan hilang saat komputer dimatikan. Dengan demikian, penyimpanan data dalam RAM hanya bersifat sementara saja. Sedangkan penyimpanan yang permanen dikenal dengan ROM (Read Only Memory). ROM ini tidak dapat menyimpan data berulang-ulang. Rom hanya mampu diberi data satu kali, sesudah itu hanya dapat dibaca saja.

RAM dibedakan atas 2 jenis yang paling banyak dipakai yaitu SDRAM dan RDRAM. SDRAM singkatan dari Synchronous Dynamic Random Access Memory, sedangkan RDRAM singkatan dari Rambus Dynamic Random Access Memory.

Di pasaran Indonesia, yang paling banyak dipakai adalah jenis SDRAM, karena harganya jauh lebih murah dari jenis RDRAM. DI sisi lain, sebenarnya RDRAM menawarkan kinerja kecepatan yang sangat tinggi, yang secara teori mampu mencapai 1.6 GB/s.

RAM sendiri dijual berdasarkan kapasitas penyimpanan datanya, mulai dari 4 MegaByte, 8 MB, 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB. Semakin besar kapasitas simpannya, makin mahal harganya.