.

Jenis dan Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi posting singkat tentang Jenis dan Pengertian Software.

Jenis dan Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Pengertian Software

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan : Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras (hardware) komputer.

Jenis dan Contoh Software

Berikut ini ada beberapa jenis perangkat lunak beserta contohnya yang dari beberapa mungkin sudah familier atau sering kita gunakan:

Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti Ms. Office (Word, Excel, PowerPoint, dll), Adobe Collection (Photoshop, InDesign, Illustrator, Acrobat, dll).

Sistem operasi (operating system) misalnya Windows XP, Windows 7, Windows 8, Ubuntu, dll.

Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti bahasa pemrograman Pascal, PHP, Python, C++, dll.

Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat keras pembantu (misal, printer dan scanner) dengan komputer, seperti driver printer, driver scanner, dll.

Perangkat lunak menetap (firmware) seperti Remote control TV dan ROM Bios dalam komputer.

Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software), contohnya browser firefox, linux, OpenOffice.org, VLC, dll.

Perangkat lunak gratis (freeware) contohnya Firefox, Google chrome, dll.

Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware) mengacu kepada perangkat lunak berpemilik yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba dan sering di batasi oleh koombinasi dari fungsi, ketersedian, atau kenyamanan, contoh : Trial IDM (Internet Download Manager)

Perangkat lunak perusak (malware) misalanya virus komputer, worm komputer, trojan, spyware (perangkat pengintai), dll

Itulah tadi update singkat tentang Jenis dan Pengertian Perangkat Lunak. Terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya.