.

Sound Card dan Speaker, Power Supply dan UPS, Keyboard, Mouse, Scanner, Barcode Reader, Monitor, Printer

Sound Card dan Speaker, Power Supply dan UPS, Keyboard, Mouse, Scanner, Barcode Reader, Monitor, Printer
sebelumnya | HARDISK, FDD dan CD/DVDRO (Drive)
1. Sound Card dan Speaker

Sound card juga biasa disebut dengan audio card. Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang dapat didengar oleh user melalui speaker yang dihubungkan dengan sound card tersebut.


2. Power Supply dan UPS

Power supply adalah komponen PC yang mengatur supply listrik dari PLN ke komponen di dalam PC tersebut.
Selain power supply, dikenal pula komponen yang bernama UPS. UPS singkatan dari Uninterruptible Power Suplly. Alat ini merupakan alat yang berdiri sendiri di luar PC yang berguna untuk menyuplai tenaga listrik tanpa berhenti, meskipun sumber listrik PLN sedang mati. Ini dimungkinkan karena UPS memakai baterai cadangan untuk menyuplai listrik ke PC di saat sumber listrik dari PLN mati. Pada saat listrik PLN hidup, UPS akan secara otomatis men-charge baterainya untuk digunakan saat listrik PLN mati.

UPS ini sangat berguna bagi penggunaan komputer, karena komponen di dalam PC sangat rentan dengan input sumber daya listrik yang tidak stabil.


3. Keyboard

Keyboard adalah alat input utama dari sebuah PC selain mouse. Melalui keyboard kita dapat memberikan instruksi kepada komputer untuk mengerjakan sesuatu yang kita inginkan.
Keyboard memuat tombol-tombol penting di antaranya :

• Tombol penulisan huruf.
• Tombol enter untuk mengeksekusi sebuah action.
• Tombol Esc (escape) untuk membatalkan sebuah action.
• Tombol-tombol fungsi khusus (F1 – F12).
• Tombol penulisan angka.
• Tombol kontrol sistem operasi (tombol windows, tombol right click menu).

Keyboard dikenal dalam 2 jenis, yaitu keyboard serial dan keyboard PS2 (baca PS Two). Yang membedakan hanyalah konektor kabelnya. Untuk yang serial berbentuk kotak, sedangkan yang PS2 berbentuk bulat. Dalam memilih keyboard, anda harus melihat konektor yang disediakan oleh motherboard, apakah serial atau PS2.


5. Mouse

Karena berbentuk seperti seekor tikus, alat ini disebut dengan mouse. Sebenarnya alat ini adalah komponen input yang memungkinkan pointer bergerak ke segala arah.

Alat ini mempunyai bola untuk menggerakkan pointer dan dilengkapi dengan minimal 2 tombol untuk melakukan clicking, yaitu tombol kiri (untuk left click) dan tombol kanan (untuk right click).

Klik kiri untuk mengeksekusi sebuah point yang ditunjuk oleh pointer, sedangkan klik kanan untuk memunculkan menu yang berhubungan dengan point yang ditunjuk oleh pointer.

Mouse dikenal dalam 2 jenis, yaitu keyboard serial dan keyboard PS2 (baca PS Two). Yang membedakan hanyalah konektor kabelnya. Untuk yang serial berbentuk kotak, sedangkan yang PS2 berbentuk bulat. Dalam memilih mouse, anda harus melihat konektor yang disediakan oleh motherboard, apakah serial atau PS2.

Saat ini berkembang mouse yang tidak menggunakan bola untuk menggerakkan pointer, tetapi menggunakan teknologi optic yang berwujud sinar infra red. Optic akan menangkap bayangan benda yang berada di bawah mouse dan menampilkannya dalam bentuk gerakan pointer saat mouse digerakkan.

6. Scanner

Scanner adalah alat yang berfungsi untuk mencitrakan sebuah foto atau benda 3 dimensi ke dalam wujud sebuah file gambar digital sehingga kita dapat melakukan editing gambar dengan aplikasi image editor seperti Photoshop, Corel, dan sebagainya. Alat ini hanya aksesoris saja, dan tidak harus ada dalam sebuah PC.

7. Barcode Reader

Barcode reader berfungsi untuk memasukkan data ke dalam PC dari sumber data yang berbentuk barcode.

Alat ini hanya aksesoris saja, dan tidak harus ada dalam sebuah PC.

8. Monitor

Monitor adalah komponen untuk menampilkan apa yang sedang diproses PC dalam bentuk visual, sehingga kita dapat dengan mudah memahaminya.

Monitor diproduksi dengan menggunakan 2 jenis teknologi yang berbeda, yaitu monitor yang menggunakan tabung CRT (Catode Ray Tube) dan monitor yang menggunakan LCD (Liquid Crystal Display). Monitor LCD berbentuk lebih tipis dan lebih mahal harganya, sedangkan monitor CRT lebih murah namun lebih besar bentuknya.

Monitor dijual dalam ukuran yang berbeda, mulai dari 14”, 15”, 17”, 21”, dan 29”. Ukuran di sini adalah ukuran panjang diagonal layar yang dapat menampilkan gambar. Semakin besar ukurannya, semakin mahal harganya.

9. Printer

Printer adalah output device utama untuk menghasilkan output dalam bentuk cetakan (handcopy).

Printer terbagi atas beberapa jenis yang menggunakan teknologi yang berbeda pula.

Pertama : printer dot-matrix. Printer ini menggunakan head yang memukul kepala huruf ke kertas yang digunakan. Kelebihan printer jenis ini adalah murah pitanya (lebih mahal harga printernya dibanding ink-jet), bisa mencetak pada kertas berukuran sampai A3, bisa mencetak dengan kertas yang berlapis-lapis. Printer ini hanya mencetak dalam warna hitam saja.

Kedua : printer ink-jet. Printer ini bekerja dengan menyemprotkan tinta pada kertas. Printer ini berharga lebih murah, namun penggantian tintanya lebih mahal daripada pita milik dot-matrix. Kelebihan printer ini dapat mencetak berwarna, sesuai dengan tinta yang digunakan. Namun masih jarang printer ink-jet yang mempunyai kemampuan cetak di atas ukuran A4.

Ketiga : printer laser. Printer ini menggunakan teknologi laser untuk mencetak pada kertas. Printer ini dapat menghasilkan cetakan yang halus, dan kemampuan cetak yang lebih cepat dibanding jenis lainnya. Namun masih jarang printer laser yang berkemampuan cetak ukuran di atas A4 dan menghasilkan cetakan yang berwarna.

10. Speaker

Speaker adalah alat tambahan untuk menghasilkan suara pada PC. Untuk menggunakan printer, anda harus memasang sound card terlebih dahulu.