.

VGA dan NETWORK ADAPTER

VGA dan NETWORK ADAPTER
sebelumnya | RAM
VGA Card adalah alat yang berfungsi untuk mengirimkan data-data visual (gambar) ke monitor sehingga dapat dilihat oleh pengguna. Sebenarnya komponen ini memiliki nama asli graphic adapter. Namun karena berkembang standar baku yang dikembangkan oleh IBM, yaitu standar VGA, maka komponen ini lebih dikenal dengan VGA Card.


Produsen VGA card sendiri ada banyak sekali, di antaranya ASUS, Gigabyte, MSI, dan sebagainya. Namun hanya ada 2 jenis chipset yang banyak digunakan pada VGA card, yaitu chipset buatan NVidia (NVidia GeForce) dan ATI (ATI Radeon).

VGA Card beredar di pasaran berdasarkan kapasitas memory internal yang ada pada VGA card tersebut, mulai dari 16 MB, 32 MB, 64 MB, dan 128 MB. Kapasitas ini terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi graphic adapter ini


NETWORK ADAPTER
Network Adapter bisa disebut juga dengan NIC (Network Interface Card), LAN (Local Area Network) Card, dan Ethernet Card.
Network adapter adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Berkomunikasi di sini bukan berarti bercakap-cakap, melainkan bertukar data dan sumber daya lainnya (misalnya pemakaian printer bersama-sama).

Network adapter dikelompokkan menurut kecepatan transfer datanya, mulai dari 10 bps (bit per second), 100 bps, dan 1000 bps. Yang memiliki kecepatan 10 bps biasa disebut dengan ethernet, 100 bps disebut fast ethernet, dan 1000 bps disebut gigabit ethernet. Ada pula network adapter yang mampu bekerja dalam 3 speed sekaligus. Adapter ini biasa disebut dengan combo adapter.