.

Sebab-sebab Masuknya Islam Di Afganistan

Islam masuk di Afganistan pada masa Khalifah Utsman bin Affan. Waktu itu nama Afghanistan belum dikenal, tetapi lebih dikenal dengan nama Khurasan. Masuknya Islam ini terkait dengan pengiriman pasukan Islam pada tahun 647 M oleh Khalifah utsman yang dipimpin Sa’ad bin Al Ash. Sejak saat itu Khurasan menjadi salah satu wilayah kekuasaan Islam yang dipimpin oleh sultan-sultan dari dinasti yang berganti-ganti dari generasi ke generasi.

Perkembangan Islam di Afganistan

Pada abad ke-19 Afganistan dikuasai oleh Inggris. Kemudian pada tahun 1973 Afganistan menjadi Republik. Namun pada tahun 1979 Uni Sovyet yang komunis melakukan intervensi di Afganistan. Intervensi ini menyebabkan rakyat Afganistan menderita, baik secara fisik maupun mental. Sampai sekarang Afganistan terus bergulat dengan peperangan. Setelah Uni Sovyet meninggalkan Afganistan pun, peperangan antar suku terus berlangsung. Semoga hal ini cepat berakhir.
Di bidang kebudayaan dan pemikiran, Afganistan memiliki peninggalan yang penting. Peninggalan secara fisik terdapat di Kota Mizani Syarif yang banyak memiliki bangunan kuno bernafaskan Islam, seperti Masjid Kwaja Pasha yang dibangun oleh Mahmud Ghazna (abad ke-10) dan “Masjid Biru” yang megah. Dalam hal pemikiran, tokoh dari Afganistan yang terkenal adalah Jamaluddin Al Afghani yang terkenal karena pemikiran modernisme Islamnya.