.

Contoh Dampak Penerapan Model Pembelajaran Tematik

Contoh Dampak Penerapan Model Pembelajaran Tematik - Dampak  penerapan model pembelajaran tematik dilihat dari kualitas pembelajaran dan  hasil belajar siswa. Dampak  dari  penerapan  model pembelajaran tematik dari kualitas pembelajaran lebih ditekankan pada aktivitas belajar siswa, karena orientasi dari pembelajaran tematik yang bersifat student oriented. Aktivitas belajar siswa terutama dilihat dari kemampuan siswa dalam bertanya, mengungkapkan pendapat dan bekerjasama dalam kerja kelompok. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa yang diperoleh selama ujicoba kesatu sampai kelima di sekolah kategori baik, sedang maupun kurang menunjukkan terjadinya peningkatan. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini terutama terlihat dari rasa keingintahuan  siswa ketika guru melontarkan pertanyaan pemandu. Seperti ilustrasi percakapan yang terjadi di sekolah baik berikut ini.

Guru    :”Apakah yang selalu mengikuti kita ketika berjalan dibawah sinar matahari ?”
Siswa    :”Bayang-bayang  Bu...(sebagian  siswa  langsung  menjawab pertanyaan)
Guru    :”Betul tidak bayangan...?” (guru melontarkan pertanyaan balik kepada siswa)
Siswa    :”Ya  Bu....(sebagian  siswa  menjawab  sebagian  lagi  tampakdiam).
Guru    :”Baik..nanti  kita  buktikan bersama-sama betul tidak yang mengikuti kita jika sedang berjalan di bawah sinar matahari adalah bayang-bayang.”
Siswa    :(tiba-tiba   seorang  siswa  langsung  bertanya).”Dimana  kita melihat bayang-bayang itu, Bu.”
Guru    :”Kita nanti akan melakukan percobaan membuktikan adanya bayang yang terbentuk di halaman sekolah.”

Ketika  siswa  melakukan  kerja  kelompok,  terlihat  siswa  juga  banyak melontarkan pertanyaan kepada guru seperti ”Kenapa bayangan kapur tidak ada waktu senternya diletakkan mendatar, Bu?”, ”Air hujan di dalam kolam depan kelas itu termasuk lingkungan buatan apa bukan Bu?”.

Kemampuan siswa dalam mengekspresikan pendapat mereka juga semakin meningkat.  Hal ini  terlihat  ketika  guru  meminta  mereka  untuk  menuliskan pengalaman mereka ketika berlibur.   Berikut ini cuplikan tulisan siswa tentang pengalaman mereka ketika berlibur.

    ”Saya pernah pergi ke Puri Indah.  Saya pergi dengan Bapak Ibu Adik saya. Nama saya Andre.  Nama keluarga saya ibu yanti ayah wawan. Saya pergi naik mobil. Sudah sampai saya meminjam pelampung dan saya mandi. Di sana airnya tidak dalam dan banyak orang. Setelah mandi saya kedinginan. Setelah  itu  saya  pakai  baju sudah  pakai  baju  saya  makan  di  kantin. Makanannya enak lo setelah ke puri indah saya pulang.   Di rumah saya mandi kan dingin setelah mandi saya tidur.  Sampai disini ya ceritanya."

Kemampuan siswa dalam memberikan pendapat juga sudah mulai memberikan alasan yang tidak terduga seperti, ”Saya pernah ke Pantai Bukit Batu. Di sana ramai dan banyak orangnya.   Kami senang sekali karena banyak orang yang mengenali kami.”

Peningkatan aktivitas belajar siswa ini seiring dengan terjadinya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran  tematik. Peningkatan kemampuan guru di sekolah baik, sedang maupun kurang dalam menerapkan pembelajaran tematik dapat dilihat pada grafik di bawah ini :


Begitu pula halnya dengan dampak penerapan model pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa, menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran yang dilakukan selama penerapan model pembelajaran tematik, seperti terlihat pada grafik di bawah ini :