.

Copas: 28 Januari dalam Sejarah

Berikut ini adalah beberapa peristiwa atau sejarah yang terjadi pada 28 januari
  1. 28 Januari 1921 - Sebuah Makam Prajurit Tak Dikenal[1] dipasang di bawah Arc de Triomphe[2] di Paris untuk mengenang para korban Perang Dunia I[3].
  2. 28 Januari 1935 - Islandia menjadi negara pertama yang melegalisasi aborsi[4].
  3. 28 Januari 1986 - Pesawat ulang-alik Challenger[5] meledak[6] sesaat setelah lepas landas dan menewaskan tujuh orang di dalamnya.
peristiwa, 28, januari, 1921, 1935, 1986, sejarah, tragedi, Arc de Triomphe, aborsi, pesawat, ulang-alik,



[1] Makam Prajurit Tak Dikenal bertindak sebagai makam nasional dan seremonial untuk memakamkan para prajurit tak dikenal yang tewas selama pertempuran. Anonimitas prajurit yang dimakamkan adalah kunci perlambang monumen: karena jati dirinya tak diketahui, secara teoretis itu bisa menjadi makam siapapun yang gugur dalam bakti terhadap negara, dan kemudian menjadi monumen atas segala pengorbanannya. Banyak kerja yang dilakukan untuk menemukan prajurit tertentu, dan memastikan bahwa ia memang salah satu prajurit bangsa yang relevan.
Barangkali, banguna peringatan untuk makam prajurit tak dikenal ialah monumen Landsoldaten (Prajurit Darat) yang didirikan tahun 1858 untuk menampung jenazah tentara yang tewas dalam Perang Schleswig Pertama di Fredericia, Denmark. Tren modern dimulai di Britania Raya pada tahun 1920 ketika diselenggarakan pemakaman Pahlawan Tak Dikenal yang gugur selama Perang Dunia I di Westminster Abbey.
[2] Arc de triomphe de l'Étoile atau biasa dikenal sebagai Arc de Triomphe (Bahasa Indonesia:Gapura Kemenangan) adalah monumen berbentuk Pelengkung kemenangan di Paris yang berdiri di tengah area Place de l'Étoile, di ujung barat wilayah Champs-Élysées. Bangunan ini dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya.
[3] adalah sebuah konflik dunia yang berlangsung dari 1914 hingga 1918. Lebih dari 40 juta orang tewas, termasuk sekitar 20 juta kematian militer dan sipil.
[4] Gugur kandungan atau aborsi (bahasa Latin: abortus) adalah berhentinya kehamilan sebelum usia kehamilan 20 minggu yang mengakibatkan kematian janin. Apabila janin lahir selamat (hidup) sebelum 38 minggu namun setelah 20 minggu, maka istilahnya adalah kelahiran prematur.
[5] Challenger adalah pesawat ulang-alik NASA yang kedua. Peluncuran perdananya berlangsung pada tanggal 4 April 1983. Pesawat ini sempat menjalani misi sebanyak 9 kali sebelum akhirnya hancur berantakan pada detik ke-73 peluncuran untuk misinya yang kesepuluh dan menewaskan seluruh awak pesawat yang berjumlah tujuh orang pada tanggal 28 Januari 1986. Challenger digantikan oleh pesawat Endeavour yang melakukan peluncuran perdananya pada tahun 1992, enam tahun setelah musibah.
Astronot Challenger Mereka yang tewas ;Michael Smith,Dick Scobee,Judith Resnik,Ronald McNair,Ellison Onizuka,Gregory Jarvis dan Christa McAuliffe
[6] STS-51-L adalah peluncuran ke-25 pesawat ulang-alik dan peluncuran ke-10 Pesawat ulang-alik Challenger. Kendaraan ini meledak 73 detik setelah peluncuran pada 28 Januari 1986 sebagai hasil dari kegagalan sebuah segel karet cincin O (O-ring) di kanan roket pendorong padat (solid rocket booster, SRB); hal ini menyebabkan kebocoran dengan percikan api yang menyebabkan kebocoran lainnya di tangki hidrogen. Di antara para awak adalah Sharon Christa McAuliffe, seorang sipil dan berprofesi sebagai guru, yang dijadwalkan untuk menjadi guru pertama di luar angkasa. Murid-murid di seluruh Amerika Serikat dan dunia menonton peluncuran pesawat tersebut dan ledakan yang menyusul berikutnya secara langsung di televisi