.

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

sebelumnya | pengertian sosiologi menurut para ahli

Berikut ini beberapa pengertian/definisi antropologi menurut para ahli:
  • Koentjaraningrat: Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
  • Ralfh L Beals dan Harry Hoijen : Antropologi adalah ilmu yang mempelajarai manusia dan semua apa yang dikerjakannya.
  • David Hunter:Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
  • M.J. Herskovits : Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia. Anthropology is the science of man.
  • William A. Havilland: Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

Dilihat dari beberapa pengertian/definisi antropologi menurut para ahli diatas, bisa ditari kesimpulan sederhana mengenai pengertian/definisi antropologi secara umum, yaitu:  sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berprilaku, tradisi-tradisi, nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Dengan, demikain antropologi merupakan hal yang mempelajari seluk-beluk yang terjadi dalam kehidupan manusia.Dapat dilihat dari perkembang pada masa saat ini, yang merupakan salah dari fenomena- fenomena yang terjadi ditengah-tengah masyarakat sekarang ini.

source: wikipedia

Itulah tadi beberapa pengertian/definisi antropologi menurut para ahli. Semoga bermanfaat