.

Pengertian SOSIOLOGI KOMUNIKASI Menurut Para Ahli

sebelumnya | pengertian sosiologi agama menurut para ahli

Stephen F. Steele dalam Anne Arundel Community College and The Society for Applied Sociology (2002), sebagaimana dikutip Liliwery, bahwa sosiologi komunikasi adalah studi yang mempelajari perilaku kolektif akibat media.

Liliwery sendiri memahami sosiologi komunikasi dalam dua bagian yakni level makro dan mikro. Dalam arti luas (makro), Liliwery berpendapat bahwa sosiologi komunikasi merupakan cabang dari sosiologi yang mempelajari atau menerangkan mengenai prinsip-prinsip keilmuan (ilmu sosial, sosiologi) tentang bagaimana proses komunikasi manusia dalam kelompok atau masyarakat. Sementara dalam artian sempit (mikro), Liliwery mendefinisikan sosiologi komunikasi sebagai cabang dari sosiologi yang mempelajari atau yang menerangkan mengenai prinsip-prinsip keilmuan (ilmu sosial, sosiologi) tentang bagaimana proses komunikasi manusia dalam konteks komunikasi massa dari suatu masyarakat.

Melihat ulasan diatas, bisa ditarik kesimpulan sederhana bahwa sosiologi komunikasi adalah cabang dari sosiologi yang mempelajari bagaimana proses pertukaran pesan/informasi terjadi dalam masyarakat.

source: wikipedia, google books, petrusandung.wp.com

Mungkin pengertian sosiologi komunikasi menurut para ahli diatas masih belum cukup, bilamana dari teman2 yang berkunjung mo menambahkan, silahkan lewat kolom komentar