.

Sekelumit Wawasan Tentang Penyakit Beri-beri

Sekelumit Wawasan Tentang Penyakit Beri-beri - Penyakit beri-beri adalah penyakit yang mengenai saraf yang disebabkan oleh kekurangan makanan pada bagian yang disebut sebagai ancurian atau thiamin (kekurangan vitamin B1). Zat tersebut ditemukan opleh Dr. Eykman. Vitamin B1 banyak terdapat pada kulit ari beras, ragi, susu, buah dan sayuran segar. Karena kurangan vitamin inilah  maka pertukaran hidrat arang jadi terganggu. Inilah yang menyebabkan sesorang itu akan terkena penyakit beri-beri.

Gejala-gejala yang sering timbul pada Penderita penyakit beri-beri :
  • Nafsu makan sangat berkurang.
  • Tungkai lekas capai bila berdiri atau berjalan yang agak lama.
  • Kaki dan tangan terasa kesemutan dan lemas.
  • Urat-urat pada betis terasa sakit dan sulit kalau hendak berjalan.
  • Tumit terasa pegal.
  • Kaki kelihatan bengkak, dan kalu ditekan dengan ujung jempol terjadilah lekukan yang sulit pulih.

Pengobatan penyakit beri-beri dengan Pengobatan herbal :
  1. Kacang hijau 1 cangkir, dicampur dengan santan kelapa 2 cangkir dan gula enau 2 jari. Bahan-bahan ini dicampur dan dibuat menjadi bubur yang cukup kental. Suam-suam kuku santaplah sehari 2 kali.
  2. Kulit kamboja 2 jari, kulit kacang kayu laut 1 jari, kulit pulai1 jari, bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, gula enau 3 jari, dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan air bersih 5 gelas, dan didihkan hingga airnya tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin saring dan minumlah 2-3 kali sehari 1/2 gelas.
  3. Daun sirih 10 lembar, rimpang lempuyang 3 jari, cabai hitam 6 buah, beras merah 1 cangkir. Ramuan ini semua dicuci dan ditumbuk halus, setelah halus dicampur dengan arak 2 cangkir dan diremas baik-baik. Gunakan ramuan ini untuk menggosok dan mengurut seluruh tubuh si-penderita. ( 1-2 kali sehari atau sesuai kebutuhan)
  4. Beras merah 1 cangkir, ditumbuk halus dan diremas-remas dengan minyak kesambi 6 sendok makan. Gunakanlah untuk melumas tubuh. ( 1 kali sehari pada malam hari sebelum tidur).
  5. Daun singkong manis 8 tangkai, dicuci bersih dan dikukus sebentar, kemudian makanlah bersama sewaktu makan nasi seperti gado-gado.

source : baitulherbal