.

Debat Kontrol Perilaku: Rogers vs Skinner | Psikologi Humanistik



Debat Kontrol Perilaku: Rogers vs Skinner

Isu utama dalam debat ini menekankan tentang aplikasi teknik kontrol behavior untuk kontrol pribadi dalam kelompok sosial, untuk prosedur pendidikan, dan untuk pemerintahan. Skinner mengekspresikan perhatiannya bahwa gagasan dan prosedur nonscientific mengaburkan pikiran kita tentang tentang tingkah laku manusia. Ia membantah keras penerapan ilmiah secara terbuka, teknik-teknik behavioristik, dari kontrol positif ke arah perbaikan masyarakat - dan pada waktu yang sama, menunda banyak teknik-teknik kontrol berlawanan yang begitu luas digunakan. ( Topik-topik ini adalah basis dari novelnya 1948, Walden II, masyarakat fiktif berkembang melalui aplikasi teknologi tingkah laku.)
            Tetapi, klaim Rogers, Skinner meremehkan masalah kekuatan dengan membuat asumsi salah dari teknik pengawasan sosial yang akan digunakan dalam masyarakat. Lebih lanjut, Skinner gagal menetapkan siapa yang akan mengontrol masyarakat, siapa yang akan dikontrol, dan apa tujuan untuk teknologi behavior sebenarnya. Rogers membubarkan klaimnya skinner bahwa jika para ilmuwan behavior mengadakan percobaan dengan masyarakat, ”secepatnya praktek-praktek yang membuat kekuatan terbesar kelompok biologi dan psikologi kiranya akan bertahan" (Skinner, 1955, p. 549). Sebagai gantinya Rogers membantah bahwa tujuan masyarakat harus terkait terutama dengan proses ”menjadi,” menuju keberhasilan nilai dan martabat, menjadi kreatif -  singkatnya, dengan proses aktualisasi diri.
            Debat ini memecahkan tidak ada isu; Itu hanya menunjukkan konflik pokok antara mereka yang menyukai kontrol manusia (untuk keuntungan kita) melalui aplikasi bijaksana  pengetahuan behavior dan mereka yang percaya bahwa ilmu pengetahuan tidak seharusnya digunakan untuk perubahan atau mengontrol kita tetapi hanya meningkatkan kapasitas kita untuk mengontrol dan determinasi diri sendiri. 

===========
sumber: Mustolih Brs, (2007), Pendekatan-pendekatan Humanistik Dalam Pengajaran, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-UNY. (pgmiunyb.files.wordpress.com/2007/10/result-psi.doc)