.

Minat dan Perubahannya Dalam Masa Dewasa | Psikologi Perkembangan Dewasa



psikologi perkembangan, psikologi perkembangan dewasa, perubahan minat, pola kehidupan dewasa, masa dewasa, perilaku dewasa, pola perubahan minat, ragam minat
Perubahan-perubahan minat dapat disebabkan oleh perubahan pola kehidupan, perubahan tugas dan tanggung jawab dan perubahan status dalam masa dewasa awal, lebih cenderung diwarnai oleh kehidupan keluarga. Karena itu, minat dalam masa dewasa lebih ditekankan pada hal-hal yang menunjang kehidupan keluarga semisal uang dan rumah.

Seringkali terjadi perubahan tugas dan tanggung jawab misalnya pada kehidupan ekonomi dan adanya tanggungjawab membimbing anak. Untuk menunjang kehidupan ekonomi orang dewasa cenderung menekankan pentingnya uang dan menilai tinggi kesehatan fisik untuk memperoleh uang itu tadi.Tanggung jawab mendidik anak, mendorong seorang dewasa untuk berminat pada agama secara kuat, hal yang mungkin dalam masa remajanya diabaikan.

Orang dewasa yang tidak kawin atau belum kawin sangat menekankan minat pada pakaian dan penampilan fisik, sementara yang telah kawin menekankan minatnya pada rumah tinggal dan perabotnya. Demikian pula status berpengruh dalam hal jabatan. Orang yang sebelum memegang jabatan tertentu barang kali belum berminat pada mobil. Tetapi setelah punya jabatan sebagai direktur misalnya, maka sangat besar keinginan minat baru untuk memiliki mobil atau lambing status lainnya.

Proses  pembentukan pola minat terjadi selama masa dewasa. Jenis-m jenis minat yang terdapat dalam masa dewasa awal ituyang terdapat dalam masa dewasa awal itu selalu dipraktekkan dalam prosesnya. Jika minat-minat tadi ternyata memuaskan individu yang bersangkutan maka minat itu akan cenderung diulangi, dan kelamaan menjadi pola minat yang menetap dan dibawa individu tadi dalam masa tua kelak.
Proses penstabilan minat sangat berkaitan erat bersangkutan dengan menetapnya kesukaan dan ketidaksukaan individu.

Tiga pola perubahan minat
  • Terjadi pengurangan jumlah yang diminati oleh seseorang sejalan dengan pertambahan usia, dan kurang perpindahan pada minat lain.
  • Terjadi perubahan tentang minat apa yang diutamakan, dan sedikit timbulnya minat- minat baru.
  • Dapat terjadi penguatan minat-minat baru jika lingkungan memaksa, dan sifat-sifat minat-minat baru itu tidak sekelompok dengan minat-minat yang telah dimantapkan sebelumnya.
Ragam minat
  • Minat terhadap penampilan pisik sangat kuat pada pria dan dewasa pada umumnya.
  • Minat terhadap pakaian dan perhiasn, hal yang sangat kuat dalam masa remaja, dan masa dewasa awal. Kuatnya minat ini sangat nampak pada pria dan wanita dewasa yang telah berkeluarga terutama yang bekerja diluar rumah.
  • Minat terhadap kepemilikan benda-benda yang mencapai punak nya selama bertahun tahun pertama masa dewasa, yang merupakan alat untuk menciptakan rasa aman pada masa tua.
  • Minat terhadap uang sangat bersangkutan dengan saat sekarang yang dapat memenuhi banyak kebutuhan- kebutuhan sesaat seseorang bukan untuk kebutuhan yang akan datang.
  • Minat terhadap agama, kuat atau lemahnya intensitas minat keagaman dipengaruhi oleh banyak factor antara lain pembiasaan sejak massa kanak- kanak, mempolakan prilaku praktek keagamaan dalam lingkungan sekitar terutama teman sepergaulan., kuat atau lemahnya persoalan yang dihadapi oleh seseorang.