.

7 Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

=====================
Menghilangkan kebiasaan ngemil saat tengah malam memang terkadang tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang sudah menganggapnya sebagai ritual. Padahal, kebiasaan ngemil tengah malam dapat mengganggu program diet anda, karena ada kalori tambahan yang diasup sebelum tidur.

Dengan mengubah rutinitas ngemil tengah malam, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa tips untuk membantu anda mengurangi kebiasaan ngemil di malam hari :

tips, kesehatan, ngemil, berita,
ilustrasi

Atur waktu makan
Pastikan Anda mengikuti jadwal makan yang tepat. Tubuh Anda cenderung mendambakan makanan di malam hari karena lapar dan bukan karena suatu kebiasaan. Setelah Anda mengikuti jadwal yang tepat, tubuh akan mempertahankan stabilitas kadar gula darah dan menjaga tubuh dengan energi yang cukup.

Jangan lupa makan
Tubuh Anda mengidam makanan di malam hari karena tidak menerima makanan yang cukup di siang hari. Ini berarti bahwa terlalu sedikit makan di siang hari atau tidak makan cukup kalori, maka sulit untuk menopang tubuh Anda sepanjang malam. Pastikan Anda tidak melewatkan makan apapun. Berikan tubuh Anda cukup kalori yang diperlukan untuk mempertahankan kadar gula.

Makan ringan
Makan malam dengan menu yang 'berat' akan membebani dan memperlambat pencernaan dan menghambat tidur Anda. Di anjurkan untuk makan dengan porsi yang kecil sepanjang hari. Dengan cara ini, tubuh Anda akan mendapatkan kalori yang dibutuhkan dan menghindari rasa lapar. Menyantap lima porsi kecil sepanjang hari secara berkala dapat mencegah rasa lapar di tengah malam.

Pilih camilan sehat
Jangan menyantap makanan ringan yang tinggi lemak, tetapi pilih makanan yang tinggi protein. Hindari  makanan penutup yang tinggi gula setelah makan malam. Makanan tinggi gula membuat lonjakan kadar gula Anda, sehingga akhirnya membuat Anda kembali merasa lapar. Pilih makanan seperti buah-buahan segar, buah-buahan kering, segelas susu, yogurt rendah lemak.

Minum yang cukup
Jika Anda menghadapi rasa lapar, cara terbaik adalah minum segelas air. Tidak hanya membantu Anda rileks, tetapi juga akan membantu Anda merasa kenyang.

Jangan tenggak stimulan[1]
Hindari minum stimulan seperti kopi atau teh setelah makan malam karena mereka akan menghambat tidur Anda. Jika Anda bangun di tengah malam maka perut Anda terasa lapar dan membutuhkan sedikit makanan.

Ambil kesibukan
Jika Anda masih sulit tidur, membaca buku atau mendengarkan musik lembut membuai Anda kembali tidur. Banyak kasus ngemil tengah malam terjadi pada orang-orang yang menderita insomnia[2]. Pastikan Anda telah menetapkan rutinitas tidur yang tepat dan cukup tidur di malam hari. Orang yang mempunyai waktu beristirahat cukup cenderung makan lebih sedikit.

Itulah tadi 7 Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngemil di Malam Hari yang mungkin bisa dipraktekkan. Semoga bermanfaat....

(Via lifemojo.com/Kompas)


[1] Stimulan adalah obat-obatan yang menaikkan tingkat kewaspadaan di dalam rentang waktu singkat. Stimulan biasanya menaikkan efek samping dengan menaikkan efektivitas, dan berbagai jenis yang lebih hebat seringkali disalahgunakan menjadi obat yang ilegal atau dipakai tanpa resep dokter.
[2] Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.