.

Anomali di SDN Gadel II Surabaya

====================
Menyikapi peristiwa yang terjadi di SD Negeri Gadel II Surabaya, Jawa Timur Pemerhati pendidikan Anies Baswedan mengatakan bahwasannya peristiwa yang terjadi di SD Negeri Gadel II, Surabaya, Jawa Timur, adalah sebuah anomali[1]. Pasalnya, di banyak tempat, orang justru membela kejujuran bukan sebaliknya.

Saat ditemui di Komplek Istana Wakil Presiden, Anis mengatakan:
"Karena ini anomali, maka cepat-cepat diberi perhatian,"
"Karena menurut saya problemnya itu, di banyak tempat, normalnya rakyat membela yang jujur. Itu akal sehat rakyat. Ini agak berlawanan,"
anomali, sdn gadel sari II surabaya, sdn gadel sari surabaya, siami, siami pelapor nyontek massal, sdn gadel II surabaya,
Dengan sifatnya yang anomali tersebut, Anies meminta agar permasalahan SDN Gadel II menjadi sorotan. Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina itu meminta wartawan agar mewawancarai ketua RT dan RW dimana keluarga salah satu murid SD tersebut diusir akibat melaporkan terjadinya kecurangan.

"Coba Anda (wartawan) wawancara ketua RT, RW disitu, malu enggak Anda mewakili warga seperti ini. Biarkan mereka yg jelaskan. Jelaskan sikap itu, pasti malu," tegas Anies.

Sebelumnya Anies meminta media untuk mempermalukan SDN yang disebut melakukan dengan cara mengatakan menyontek massal dalam UN. Kecurangan itu dilaporkan salah satu orang tua murid SDN Gadel II.

Yang lebih trgis lagi akibat dari laporan kecurangan ini justru berujung pada diusirnya keluarga pelapor tersebut dari rumahnya di Kecamatan Tandes, Surabaya, oleh warga dan wali murid. Mereka menganggap pelaporan tersebut mencoreng nama baik sekolah. (via tribunnews)


[1] Anomali adalah penyimpangan atau keanehan yang terjadi atau dengan kata lain tidak seperti biasanya