.

Aspek-aspek Religiusitas (dimensi keberagamaan) Menurut Stark dan Glock

================
Keberagamaan seseorang, menurut Stark dan Glock terdiri dari lima dimensi[1], yaitu :
  1. Religious Belief (The ideological dimension), yaitu tingkat sejauh mana seseorang menerima hal-hal yang dogmatic dalam agamanya. Misalnya kepercayaan adanya tuhan, malaikat, surga, neraka, dan sebagainya.
  2. Religious Practise (The ritualistic dimension), yaitu tingkat sejauh mana seseorang melakukan kewajiban-kewajiban ritual dalam agamanya.
  3. Religious Feeling (The experiental dimension), yaitu perasaan-perasaan atau pengalaman-pengalaman keagamaan yang pernah dialami dan dirasakan oleh seseoran. Misalnya merasa dekat dengan Tuhan, merasa takut berbuat dosa, atau merasa diselamatkan oleh Tuhan, dan sebagainya.
  4. Religious Knowledge (The intelektual dimension), yaitu seberapa jauh mengetahui tentang ajaran agamanya terutama yang ada dalam kitab suci maupun lainnya.
  5. Religious Effect (The consecquental dimension), yaitu dimensi yang menunjukkan sejauh mana perilaku seseorang dimotivasi oleh ajaran agama di dalam kehidupan sosial.
Stark dan Glock, Religious Belief, Religious Practise, Religious Feeling, Religious Knowledge, Religious Effect, contoh makalah, dimensi keberagamaan, aspek Religiusitas

Dimensi-dimensi keberagamaan sebagaimana dikemukakan Stark dan Glock tersebut, oleh Neil C. Warren juga menyatakan sebagi kategori yang cukup rinci dan menyeluruh. Karenanya dapat untuk menerangkan cirri-ciri dan kualitas keagamaan tanpa harus ada penyamaan beberapa pribadi secara lebih nyata.[2]

Itulah tadi sekelumit wawasan tentang Aspek-aspek Religiusitas (dimensi keberagamaan) Menurut Stark dan Glock. Semoga bermanfaat.


[1] R. Stark, dan C.Y. Glock, American Piety: The Nature of Religious Comitment, (California: University of California Press, 1968)
[2] Neil C. Warren, Empirical Studies in the Psychology of Religion "An Assesment of Period 1960-1970", dalam H. Newton Malony (ed), Cureent Perspektives in the Psychology of Religion, (Eerns, Grand Rapid, 1977)