.

Aspek-aspek Religiusitas (dimensi keberagamaan) Menurut Jalaluddin Rahmat

================
aspek Religiusitas, dimensi keberagamaan, Jalaluddin Rahmat, Aspek ideolois, Aspek ritualistik, Aspek eksperiensial, Aspek intelektual, Aspek konsekuensial, contoh makalah,
Menurut Jalaluddin Rahmat, keberagamaan seseorang terdiri dari lima aspek,[1] yaitu :
  1. Aspek ideologis adalah seperangkat kepercayaan (belief) yang memberikan premis aksistensial.
  2. Aspek ritualistik adalah aspek pelaksanaan ritual/ibadah suatu agama.
  3. Aspek eksperiensial adalah bersifat afektif : keterlibatan emosional dan sentimental pada pelaksanaan ajaran agama, yang membawa pada religious feeling.
  4. Aspek intelektual adalah pengetahuan agama : seberapa jauh tingkat melek agama pengikut agama yang bersangkutan, tingkat ketertarikan penganut agama untuk mempelajari agamanya.
  5. Aspek konsekuensial, disebut juga aspek sosial. Aspek ini merupakan implementasi sosial dari pelaksanaan ajaran agama sehingga dapat menjelaskan efek ajaran agama terhadap, seperti etos kerja, kepedulian, persaudaraan, dan lain sebagainya.

Dua aspek yang pertama tersebut, menurut Rahmat merupakan aspek kognitif keagamaan. Dua yang terakhir merupakan aspek behavioral, dan yang lainnya merupakan aspek afektif keberagaman.

Itulah tadi sekelumit wawasan tentang Aspek-aspek Religiusitas (dimensi keberagamaan) Menurut Jalaluddin Rahmat. Semoga bermanfaat.


[1] Jalaluddin Rahmat, "Penelitian Agama", dalam Taufiq Abdullah dan Rusli Karim (ed), Penelitian Agama : Sebuah Pengantar.  (Yogyakarta : Tiara Wacana, 1989)