.

Berwisata sambil Belajar Sejarah di Situs Megalitik Gunung Padang

================
wisata, berita, gunung padang, megalit, megalitik, situs megalitik,
Seiring berjalannya hari libur panjang sekolah, banyak orangtua yang memanfaatkan momen ini untuk bertamasya bersama anak-anaknya. Untuk itu Anda bisa mengajak putra-putri berwisata sambil menambah wawasan sejarah ke situs Gunung Padang, situs megalitik[1] terbesar di Asia Tenggara di Cianjur, Jawa Barat.

Situs tersebut persisnya terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka Cianjur sekitar 26 kilometer arah baratdaya Stasiun Cianjur. Untuk mencapainya, kita harus menapaki 400-an anak tangga dengan waktu tempuh dari dasar sekitar setengah hingga satu jam pendakian tergantung kemampuan pendaki. Dari puncaknya di ketinggian 885 meter kita bisa melihat kota Sukabumi, Cianjur, dan Gunung Tangkuban Perahu.
wisata, berita, gunung padang, megalit, megalitik, situs megalitik,
Luas bangunannya sekitar 900 meter persegi dengan luas seluruh area sekitar 3 hektare. Masyarakat setempat percaya, situs megalitik ini merupakan bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam. Cuma usaha tersebut gagal karena matahari sudah terlanjur terbit di bukit yang kini dinamakan Gunung Padang yang berarti terang.

Salah satu hal yang dipercaya menjadi bukti keberadaan Prabu Siliwangi adalah tapak kaki harimau dan bekas sarung kujang[2], senjata khas Jawa Barat yang terdapat di sekitar kompleks.

Situs Gunung Padang ditemukan N.J. Krom, warga Belanda pada 1914, lalu dibuka pemerintah Indonesia pada 1979. Rata-rata ada 1200 sampai 1500 pengunjung per bulan. Sebagian besar pengunjung datang untuk berziarah karena percaya doa mereka dapat lebih mudah dikabulkan di tempat ini. (sumber:liputan6.com)
wisata, berita, gunung padang, megalit, megalitik, situs megalitik,

wisata, berita, gunung padang, megalit, megalitik, situs megalitik,
Itulah tadi postingan tentang Berwisata sambil Belajar Sejarah di Situs Megalitik Gunung Padang. Semoga bermanfaat.


[1] Megalit adalah batu besar yang digunakan untuk membangun struktur atau monumen. Megalitik adalah struktur yang dibuat oleh batu besar. Megalit berasal dari kata dalam bahasa Yunani μέγας megas berarti besar, dan λίθος lithos berarti batu.
[2] Kujang dikenal sebagai senjata tradisional masyarakat Jawa Barat (Sunda) yang memiliki nilai sakral serta mempunyai kekuatan magis. Beberapa peneliti menyatakan bahwa istilah "kujang" berasal dari kata kudihyang (kudi dan Hyang. Kujang (juga) berasal dari kata Ujang, yang berarti manusia atau manusa. Manusia yang sakti sebagaimana Prabu Siliwangi.