.

Gerhana Bulan Total di Jakarta

Gerhana bulan total semalam dapat dinikmati langsung dengan mata telanjang oleh warga jakarta. Tak pelak semalam Warga Jakarta dan sekitarnya tak menyia-nyiakan kesempatan menyaksikan gerhana bulan penuh bersama-sama. Gerhana bulan ini merupakan peristiwa alam terpanjang yang terjadi sekitar 100 menitan.
gerhana bulan, gerhana bulan total, fenomena gerhana bulan, total lunar eclipse, lunar eclipse, fenomena,
Kawasan planetarium Jakarta, yang berada di kompleks Taman Ismail Marzuki menjadi tempat berkumpul warga ibukota. Mereka ikut menyaksikan gerhana bulan total yang mulai terlihat pukul 01.20 WIB.

Selain dengan bantuan alat teropong benda-benda angkasa, warga juga bisa menyaksikan fenomena alam itu dengan mata telanjang.

Menurut Ketua Himpunan Astronomi Jakarta, Raihan, gerhana bulan penuh kali ini merupakan fenomena yang sangat unik. Karena dalam satu tahun terdapat dua gerhana. Namun gerhana bulan yang terjadi semalam merupakan peristiwa alam berdurasi terlama.

Gerhana bulan total atau total lunar eclipse terjadi ketika posisi antara bulan, bumi, dan matahari tepat berada satu garis. Fenomena alam ini berpengaruh pada gaya gravitasi matahari dan bulan terhadap bumi menimbulkan pasang laut yang besar.(liputan6)