.

Ilmu Pendidikan Islam | Pengertian Pendidikan Islam


Dewasa ini sering terjadi diskusi berkepanjangan berkenaan dengan wcana apakah Islam memiliki konsep tentang pendidikan ataukan tidak. Sementara para ahli beranggapan, bahwa Islam tidak memiliki konsep, karena itu maka penerapan pendidikan selama ini, hanyalah mengadopsi konsep dan sistem pendidikan barat, yang kini mendominasi sistem pendidikan secara global. Istilah yang dipergunakan untuk menggambarkan konsep dan aktivitas pendidikan Islam ada tiga yaitu :
  1. At Ta’diib
  2. At Ta’liim
  3. At Tarbiyah
Bila kita akan melihat pengertian pendidikan dari segi bahasa, maka kita harus melihat kepada kata arabnya, karena Islam itu di turunkan dalam bahasa tersebut. Kata “Pendidikan” yang umumnya kita gunakan sekarang, dalam bahasa arabnya adalah “ Tarbiyah”, dengan kata kerja “Rabba”. Kata “Pengajaran” dalam bahasa arabnya adalah “Ta’lim” dengan kata kerjanya “Allama”. Pendidikan dan pengajaran dalam bahasa arabnya “ Tarbiyah wa ta’lim”. Sedabgjab “Pendidikan Islam” dalam bahasa arabnya adalah “ Tarbiyah Islamiyah”.
Kata kerja Rabba (mendidik) sudah di gunakan pada zaman Nabi Muhammad SAW seperti terlihat dalam ayat Al-Qur’an :
... رَبِِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا 
Artinya :
“...Ya Allah, sayangilah keduanya (Ibu bapakku sebagaimana mereka telah mengasuhku (mendidikku) sejak kecil. (QS 17 Al Isro : 24) 
Dalam bentuk kata benda, kata “Rabba” ini figunakan juga untuk “Tuhan” karena Tuhan juga bersifat mendidik, mengasuh, memelihara dsan pencipta.
قَالَ اَلَمْ تُرَبِّكَ فِيْنَا وَلِيْدًا  ...
Artinya :
“Berkata (Fir’aun kepada Nabi Musa), bukan kah kami telah mengasuh kau (mendidikmu) dalam keluarga kami waktu kamu masih kecil...( QS 26 Asy-Syu'araa' : 18 )
Kata “Talim” dengan kata kerjanya “Allama” juga sudah digunakan pada zaman Nabi. Bauj dalam Al-Qur’an, Hadist atau pemakaian sehari-hari, kata ini lebih digunakan pada “Tarbiyah”. Dari segi bahasa, perbedaan arti dari kedua kata itu cukup jelas.
وَعَلَّمَ ادَمَ اْلاَسْمَآءَ كُلَّهَا... (البقرة: ۳۱)
Artinya :
            “Allah mengajarkan kepada Adam nama-nama semuanya (Al baqarah : 31)
Kata “Allama” pada ayat tersebut mengandung pengertian sekedar memberitahu atau memberi pengetahuan, tidak mengandung arti pembinaan kepribadian.
Usaha dan kegiatan yang dilakukan oleh Nabi dalam menyampaikan seruan agama dengan berdakwah menyampaikan ajaran memberi contoh, melatih ketrampilan berbuat, memberi motivasi dan menciptakan lingkungan sosial. Nabi Muhammad SAW adalah seorang pendidik yang berhasil, membentuk kepribadian manusia dengan mengalami perubahan sikap dan tingkah  sesuai dengan petunjuk ajaran Islam.
Dengan demikian, secara umum dapat kita katakana bahwa PENDIDIKAN ISLAM itu adalah pembentukan kepribadian muslim, iman sekaligus amal.