.

Pancasila Jati Diri Pendidikan di Era Globalisasi



pancasila, hari kebangkitan pancasila, kebangkitan pancasila, kesaktian pancasila, hari kesaktian pancasila, pendidikan, pendidikan pancasila
Strategi dalam memupuk karakter dan budi pekerti yang baik bagi bangsa Indonesia adalah melalui pendidikan. Ini adalah sarana pengembangan karakter dan budi pekerti ini merupakan tanggung jawab seluruh elemen bangsa.

Menurut Plt. Direktur Jendral Nilai Budaya, Seni dan Film (NBSF) Ukus Kuswara, pendidikan budi pekerti tidak berbeda dengan pendidikan karakter bangsa, karena selain sama-sama merupakan hal yang mutlak dibutuhkan bangsa ini, keduanya juga memiliki unsur-unsur yang mirip.

Pendidikan budi pekerti adalah sebuah upaya mengenalkan, mentransfer, dan menanamkan kandungan nilai-nilai yang dipandang baik kepada masyarakat untuk diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum kita beranjak menatap tantangan globalisasi yang begitu keras dan cepat, kita perlu memperkokoh kondisi internal bangsa,” ujarnya saat seminar ”Pendidikan Budi Pekerti Akar Jati Diri Bagi Pertahanan & Persatuan Bangsa di Era Globalisasi" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (1/6).

Oleh karena itu, tantangannya adalah menyiapkan secara matang generasi muda penerus bangsa, supaya arah dari pengembangan budi pekerti generasi muda dapat berjalan dengan baik. Untuk itu Ukus mengajak generasi muda jadikan Pancasila sebagai fundamen pendidikan di era globalisasi.

Dari semua sarana pendidikan tersebut, saya berharap seluruh elemen bangsa tetap mengindahkan pendekatan humanisme dan multikulturalisme dari nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila. Selain itu personifikasi yang tampak pada kokoh dan kuatnya kaki burung Garuda dalam mencengkeram erat semboyan Bhinneka Tunggal Ika, sebagai satu perangkat berpikir kita semua sebagai keluarga besar Indonesia,” tambahnya.

Ukus berharap seminar budi pekerti tersebut menghasilkan pemikiran dalam rangka membangun karakter dan jati diri bangsa. Hal itu guna membekali generasi muda agar bertata krama atau memegang adat sopan santun sehingga menjadi generasi yang berkarakter dan memiliki jati diri. (suarapembaruan)