.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Prestasi Anak Didik

====================
Medan - Bahauddin Manik (sekretaris kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara,) di Medan, Senin (13/6) saat melakukan konferensi pers yang di fasilitasi oleh Dinas Komisi Penyiaran dan informasi, mengatakan:
"Prestasi tentu dipengaruhi oleh lingkungan. Dalam hal ini Kota Medan yang serba lengkap, menjadikan siswa berprestasi selalu didominasi siswa sekolah yang berada di Kota Medan,".
pengaruh lingkungan, prestasi anak didik, prestasi peserta didik, prestasi belajar, berita, pendidikan,

Lingkungan perkotaan seperti Kota Medan yang lengkap pasilitas pendidikannya menentukan prestasi peserta didik. Sehingga dari tahun ke tahun, siswa berprestasi dari Sumatera Utara didominasi oleh siswa sekolah di Medan. Baik tingkat Nasional maupun Internasional.

Dalam data paparan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, prestasi yang diperoleh sejak tahun 2008 hingga 2010 di dominasi oleh siswa dari olimpiade Nasional, olimpiade Internasional, olimpiade Sains Nasional, dan olimpiade Olahraga Siswa nasional semua didominasi oleh siswa asal sekolah di Medan.

Pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Juni 2009 di Jakarta juara III komite putera diraih oleh siswa Asal Sekolah SMA Negeri 1 Balige Kabupaten Toba Samosir. Dan siswa asal sekolan SMA Negeri 2 Kabanjahe meraih juara III catur tingkat Nasional, dan juara kedua kejuaraan bridge beregu tingkat Nasional oleh siswa asal sekolah SMA N1 Stabat pada Agustus 2008 di Jakarta. Sehingga dari data paparan yang diperoleh tidak ada prestasi yang diperoleh siswa di luar Kota Medan yang berupa keilmuan.

Berdalih kepada tanggungjawab dan kewajiban, Dinas Pendidikan Sumatera Utara mengatakan hanya sebagai fasilitator. "Kami dinas provinsi hanya sebagai fasilitator, dan hanya sekedar menghimbau," katanya.

Sedangkan untuk lomba olimpiade sains terapan tingkat Nasional di Semarang tahun 2010 dengan mata lomba Biologi Terapan meraih juara II oleh siswa asal sekolah SMKN 2 Tebingtinggi, mata lomba IT/ Sofware aplication juara harapan I SMKS Bintang Timur Pematangsiantar, dan Mata lomba Wall And Floor Tillng menjadi juara harapan II dari SMKS Putra Anda Binjai.

Tetap berdalih pada tugas dan fungsi yang hanya sebagai koordinasi dan fasilitator. Peningkatan pendidikan di kabupaten/kota menjadi tanggungjawab pemkab. "Tidak ada kewenangan kami untuk memaksa dan hanya sebatas menghimbau," katanya. (via tribun medan)