Pengertian Komunikasi Data Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Data Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Data - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Kajian Pustaka dan Komunikasi, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Definisi Komunikasi Data Menurut Para Ahli. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli". semoga bermanfaat.

komunikasi, komunikasi data, pengertian komunikasi data, definisi komunikasi data, komunikasi data adalah, komunikasi data menurut para ahli, contoh makalah

Berikut ini adalah sedikit ulasan dan Pengertian Komunikasi Data Menurut Para Ahli yang admin ambil dari berbagai sumber, baik modul pembelajaran maupun buku bacaan:

Pengertian Komunikasi Data Menurut Suryadi (2003), komunikasi data adalah merupakan bagian dari teknologi komunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi di antara komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh kode digital. Komunikasi data merupakan bagian penting dari suatu sistem informasi karena merupakan pendukung penyediaan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.

Sistem komunikasi data dapat dibagi menjadi tiga komponen utama yaitu sumber komunikasi, media komunikasi dan penerima. Pengertian sumber data adalah unsur yang bertugas untuk mengirimkan informasi, misalkan terminal komputer, Sumber data ini membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi. Sumber komunikasi pada umumnya dilengkapi dengan transmitter yang berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirimkan menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan.

Media transmisi data merupakan jalur dimana proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi data yang dapat digunakan jalur transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan, dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik, dan lain-lain. Dalam hal ini berfungsi sebagai jalur informasi untuk sampai pada tujuannya. Komponen media Pengiriman Data berupa media berkabel (bounded media) dan media nirkabel (wireless media).

Pengertian penerima data adalah alat yang menerima data atau informasi, misalkan pesawat telepon, terninal komputer, dan lain-lain. Berfungsi menerima data yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi. Penerima merupakan suata alat yang disebut receiver yang fungsinya untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap dan digunakan oleh penerima. Komponen sumber dan penerima komunikasi data dapat berupa komputer dan prosesor seperti modem, Catalyst, Router untuk memproses data masukan dan keluaran (Suryadi, 2003).

Untuk berlangsungnya komunikasi data perlu jaringan komunikasi data. Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan protokol, di mana berdasarkan luas area cakupan yang dicapai jaringan komputer dapat diklasifikan menjadi Local Area Network (LAN) dan Wide area Network (WAN).

Berikut ini adalah beberapa Definisi Komunikasi Data, yang coba admin paparkan untuk kedepannya sobat bisa menggambarkannya sendiri:

Komunikasi data merupakan cara mengirimkan data menggunakan sistem transmisi elektronik dari satu computer ke komputer lain atau dari satu komputer ke terminal lain (modul komunikasi data mercubuana.ac.id)

Komunikasi Data adalah transmisi data elektronik melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel koaksial, fiber optik, mikrowave dan sebagainya. Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi data seringkali disebut jaringan komunikasi data. Jaringan ini merupakan komponen penting dari informasi yang dilakukan oleh masyarakat sekarang.

Komunikasi Data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputerkomputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.

Komunikasi Data merupakan bagian dari Teknologi Informasi, dimana komputer melakukan pengiriman data berupa informasi yang disajikan oleh isyarat digital biner terhadap komputer yang lain atau juga pengiriman data terhadap terminal. CCITT (Consultative Committee International Telephony and Telegraphy) yang sekarang dikenal dengan ITU-T (International Telecommunication Union – Telephony) menyebut terminal sebagai Peranti Terminal Data (Data Terminal Equipment = DTE)

Komunikasi Data merupakan gabungan dua teknik yang sama sekali jauh berbeda, yaitu pengolahan data dan telekomunikasi.

Pengertian Komunikasi Data dalam Wikipedia : proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan.

Untuk lebih jelas dan lengkap sobat bisa lihat beberapa referensi dibawah ini:
  1. Suryadi HS, D. 1993. Pengantar Komunikasi Data. Gunadarma.
  2. Ramos, E.,Al Schroeder, Lawrance Simpson. 1992. Data Communication and Fundamentals Using Novell Software.MacMillan Publishing.
  3. Ir. Lukas Tamutama, Pengantar Komunikasi Data, 1991, PT Elek Media Komputindo
  4. Graham Langley, Prinsip Dasar Telekomunikasi, 1986, PT. Multimedia Gramedia Group
  5. DC Green, Komunikasi Data, Andi Yogyakarta, Yogyakarta, 1998.
  6. Thomas, Robert M. 1996. PENGANTAR LOCAL AREA NETWORK. Elek Media Komputindo. Jakarta
  7. William stallings, Dasar-dasar Komunikasi Data,2001,Salemba Teknika,
Itulah tadi artikel tentang Pengertian Komunikasi Data Menurut Para Ahli. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.