.

Tujuan Mempelajari Ilmu Komunikasi | Jurnal Komunikasi

Ilmu Komunikasi :: Tujuan Mempelajari Ilmu Komunikasi

Tujuan Mempelajari Ilmu Komunikasi - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Kajian Pustaka dan Komunikasi, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Tujuan Mempelajari Ilmu Komunikasi. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Tanggung Jawab Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam | Ilmu Pendidikan Islam". semoga bermanfaat.

definisi komunikasi, ilmu komunikasi, fungsi komunikasi, tujuan komunikasi, pengertian komunikasi, komunikasi menurut para ahli,

Sebagai makhluk sosial, manusia telah ditakdirkan untuk hidup secara berkelompok. Kesendirian dan hidup sendiri akan membuat hidup manusia menjadi tidak berarti sehingga sulit untuk dapat bertahan hidup dalam kosmos kehidupan yang saling bertautan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan biologis seperti; makan dan minum, serta memenuhi kebutuhan psikologis seperti; sukses dan kebahagiaan manusia membutuhkan komunikasi antara satu dengan yang lain. Para pakar psikologi[1] berpendapat, kebutuhan utama manusia dan untuk menghadirkan jiwa yang sehat, manusia membutuhkan hubungan sosial yang ramah. Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan sempurna bila manusia membina komunikasi yang baik dengan orang lain.

Adakalanya seseorang menyampaikan buah pikirannya kepada orang lain tanpa menampakkan perasaan tertentu. Pada saat lain seseorang menyampaikan perasaannya kepada orang lain bahkan tanpa pemikiran. Tidak jarang pula seseorang menyampaikan pikirannya disertai perasaan dan pikiran tertentu. Komunikasi akan berhasil apabila pikiran disampaikan dengan menggunakan perasaan yang disadari, sebaliknya komunikasi akan gagal bila hal itu disampaikan dengan tidak terkontrol.

Komunikasi dalam konteks apapun adalah bentuk dasar adaptasi terhadap lingkungan. Menurut Rene Spitz[2], komunikasi adalah jembatan antara bagian luar dan bagian dalam kepribadian manusia. Pernyataan ini mengisyaratkan bahwa komunikasi sesungguhnya dilakukan untuk pemenuhan diri, untuk menjadikan jiwa merasa terhibur, nyaman dan tentram baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain.

Tujuan mempelajari ilmu komunikasi, dapat di katagorikan kedalam dua hal, yaitu; aspek umum dan aspek khusus[3]. Aspek pertama bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang ilmu yang terkit dengan proses komunikasi. Melalui pemahaman ini para ilmuan dan pelaku komunikasi diharapkan akan dapat melakukan komunikasi dengan baik dan selalu mengalami perubahan dan kemajuan dalam berkomunikasi.

Aspek kedua diharapkan akan dapat menuntun manusia untuk dapat;
a) Merubah sikap (to change the attitude),
b) mengubah opini/pendapat/pandangan (to change the opinion),
c) mengubah perilaku (to change the behavior),
d) mengubah masyarakat (to change the society)

Untuk lebih jelas dan lengkap sobat bisa lihat beberapa referensi dibawah ini:
  1. Dani Fardiansyah, Pengantar Ilmu Komunikasi, Pendekatan Taksonomi Konseptual, Galia Indonesia, Jakarta, 2004
  2. Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi. Perspektif, Proses dan Konteks. Surabaya: Widya Padjadjaran
  3. Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
  4. Mulyana, Deddy dkk. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya
  5. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi. Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Rosmawaty. 2010. Mengenal Ilmu Komunikasi. Surabaya: Widya Padjadjaran
  7. Rakhmat, Jalaluddin. 1993. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  8. Severin, Warner J, dan James W. Tankard, Jr. 2008. Teori Komunikasi. Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  9. Widjaya, H.A.W, 1986, Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat, Jakarta: Bina aksara
  10. dll
Itulah tadi artikel tentang Tujuan Mempelajari Ilmu Komunikasi. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.
[1] Bonner, Hubert (1953) Social Psychology,dalam Rahmat, Jalaluddin, 2003, Psikologi Komunikasi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, hal; 89
[2] Pace, R. Wayne et al., Techniques for Effective Communication, Addison Westley Publishing Company, Massachusetts-ontario 1979, p; 98
[3] Liliweri, Alo, Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Citra Aditya Bakti, Bandung, 1994, hal; 87