.

Air Asia Indonesia | Indonesia Air Asia | Sekelumit Wawasan



Air Asia Indonesia | Indonesia Air Asia | Sekelumit WawasanAir asia Indonesia (sebelumnya bernama AWAIR; Air Wagon International) adalah sebuah maskapai penerbangan berbiaya rendah yang berbasis di Indonesia. Indonesia AirAsia adalah rekan maskapai AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya rendah dari Malaysia, di Indonesia.

air asia, indonesia air asia, air asia indonesia, Air Asia Indonesia | Indonesia Air Asia | Sekelumit Wawasan

Indonesia Air Asia didirikan pada September 1999 dengan nama PT. AWAIR International. Mereka memulai penerbangan berjadwal ke beberapa kota di Indonesia pada tahun 2000, yang kemudian diikuti pembukaan penerbangan ke luar negeri (Singapura). Persaingan yang ketat di sektor penerbangan di Indonesia membuat AWAIR menghentikan operasinya sekitar setahun kemudian.

Pada tahun 2004, AWAIR diambil alih AirAsia, dan mengalihkan orientasi pasarnya ke penerbangan berbiaya rendah. Penerbangan pertamanya dimulai pada Desember tahun itu. Mulai 1 Desember 2005, AWAIR berganti nama menjadi PT. Indonesia AirAsia.

Di bawah manajemen baru, Indonesia AirAsia awalnya berencana melayani penerbangan berbiaya rendah antara Indonesia dan Singapura namun hal tersebut dibatalkan setelah Otoritas Dirgantara Sipil Singapura (CAAS) menolak permohonan untuk hak pendaratan (rujukan: Airliner World, April 2005).

Air Asia Indonesia terbang ke kota-kota berikut (data pada April 2010):
  1. Bandung (Bandara Husein Sastranegara)
  2. Balikpapan {Bandara Sepinggan}
  3. Batam {Bandara Hang Nadim}
  4. Bangkok (Bandara Suvarnabhumi)
  5. Denpasar (Bandara Ngurah Rai)
  6. Saigon (Bandara Tan Son Hat)
  7. Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) (pangkalan)
  8. Kuala Lumpur, Malaysia (Bandara Internasional Kuala Lumpur)
  9. Kota Kinabalu (Bandara Kota Kinabalu)
  10. Medan (Bandara Polonia)
  11. Padang {Bandara Minangkabau}
  12. Palembang {Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II}
  13. Pekanbaru {Bandara Sultan Syarief Kassim II}
  14. Penang (Bandara Penang)
  15. Singapura (Bandara Changi)
  16. Surabaya (Bandara Juanda)
  17. Yogyakarta (Bandara Adisucipto)

Source: wikipedia
Itulah tadi sekelumit wawasan tentang Air Asia Indonesia | Indonesia Air Asia | Sekelumit Wawasan. jika ada salah kata atau penuliasan kiranya pembaca sudi untuk memberikan koreksi saran kritik dan komentarnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.