.

Muammar al-Qaddafi | Profil, Detik Terakhir dan Respon Pemimpin Dunia Atas Kematiannya

Muammar al-Qaddafi | Profil, Detik Terakhir dan Respon Pemimpin Dunia Atas Kematiannya

Sekelumit Profil / Biografi Muammar Qaddafi - Muammar Abu Minyar al-Qaddafi (lahir di Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942 – meninggal di Sirte, 20 Oktober 2011 pada umur 69 tahun) 1 — atau Gaddafi — (bahasa Arab: معمر القذافي Mu`ammar al-Qadhdhāfī) adalah penguasa otokratis de facto Libya dari 1969 sampai 2011, setelah merebut kekuasaan dalam kudeta militer. Sebagai hasil dari perang saudara Libya terbentuklah Dewan Transisi Nasional (NTC). Kekuasaan Gaddafi semakin tergerus dengan pengakuan domestik dan internasional terhadap NTC. Dia menghapuskan Konstitusi Libya tahun 1951 dan menerapkan undang-undang berdasarkan ideologi politiknya. Kekuasaan yang hampir 42 tahun telah menempatkannya menjadi penguasa terlama sebagai pemimpin non-kerajaan keempat sejak tahun 1900 dan terlama sebagai pemimpin penguasa Arab. Dia menyebut dirinya sebagai 'the Brother Leader', 'Guide of the Revolution', dan 'King of Kings (Raja segala raja).


Setelah berhasil merebut kekuasaan, Gaddafi mulai menghilangkan oposisi dan kehidupan warga Libya menjadi dibatasi. Ideologi Gaddafi disebut Teori Internasional Ketiga yang dijelaskan dalam Buku Hijau. Keluarga Gaddafi mengambil alih sebagian besar perekonomian Libya. Gaddafi menggunakan miliaran pendapatan minyak untuk proyek-proyek internasional. Dia memulai perang dengan memerintahkan orang lain dan menggunakan senjata nuklir dan bahan kimia sebagai senjata pemusnah massal. Diam-diam, ia mengalokasikan pendapatan negara untuk mensponsori teror dan kegiatan politik lainnya di seluruh dunia. Perserikatan Bangsa-bangsa menyebut Libya di bawah Gaddafi sebagai Negara Paria. Pada tahun 1980-an Gaddafi dukungan bagi organisasi-organisasi teroris yang dipimpin negara di seluruh dunia untuk membangun sanksi terhadap Gaddafi.

Enam hari setelah penangkapan diktator Irak Saddam Hussein oleh Amerika Serikat, Gaddafi meninggalkan senjata pemusnah massal (WMD) program dan inspektur internasional menyambut untuk memverifikasi bahwa Tripoli akan menindaklanjuti komitmennya. Semenjak itu, Libya sebagai model bagi negara-negara lain yang diduga mengembangkan WMD sebagai kewajiban ketidakpatuhan internasional mereka untuk diikuti. Pada 15 Mei 2006, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condoleezza Rice mengumumkan pemulihan hubungan diplomatik penuh dengan Libya, "sebagai pengakuan atas komitmen atas Libya penolakan terhadap aksi terorisme dan kerjasama baik Libya yang diberikan kepada Amerika Serikat dan anggota lain dari masyarakat internasional dalam menanggapi ancaman global yang dihadapi dunia sejak serangan 11 September 2001".

Dalam bangunan Spring Arab bulan Februari 2011, sebuah gerakan demonstrasi menentang Gaddafi menyebar di seluruh negeri. Gaddafi menanggapi dengan mengirimkan militer dan pria bersenjata berpakaian preman di jalan-jalan untuk menyerang demonstran, namun banyak pihak diaktifkan. Gaddafi meninggalkan perang saudara. Pada 23 Agustus 2011, Gaddafi kehilangan kendali Tripoli ketika para pemberontak menangkap loyalisnya di Bab Al-Azizia. Pasukan loyalis Gaddafi berperang di lokasi yang terbatas.

Dia menghadapi penuntutan oleh Pengadilan Pidana Internasional yang telah mengeluarkan surat perintah penangkapan atas kejahatan terhadap kemanusiaan. Miliaran dolar asetnya telah dibekukan di seluruh dunia.

Pada tanggal 20 Oktober 2011, media melaporkan bahwa seorang pejabat Dewan Transisi Nasional/NTC telah mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Gaddafi telah ditangkap di kota kelahirannya, Sirte, pada pagi 20 Oktober 2011. Menurut Pejabat tersebut, Gaddafi dilaporkan meninggal karena terluka parah pada kedua kaki dan kepalanya.

Istri dan anak Khadafi:
Fatiha al-Nuri (1969–1970; bercerai)
  • Muhammad al-Qaddafi (1971), Komite Olimpiade Libya
Safia el-Brasai (1971–2011)
  • Saif al-Islam al-Qaddafi (1972)
  • Al-Saadi al-Qaddafi (1973), Ketua Federasi Sepak Bola Libya, bermain di tim Seri A, Perugia dan juga bermain film
  • Ayesha al-Qaddafi (1975), seorang pengacara yang telah bergabung dengan tim pengacara Saddam Hussein
  • Hannibal al-Qaddafi (1976)
  • Al-Mu'tasim Billah al-Qaddafi (1977-2011)
  • Saif al-Arab al-Qaddafi (1982-2011)
  • Khamis al-Qaddafi (1983-2011)
Hanna (1985) [adopsi]
Milad (1986) [adopsi]

Khadafi juga mempunyai saham sebesar 7,5% di klub sepak bola Italia, Juventus. (wikipedia)
===========================
Detik-detik Terakhir Kematian Khadafi
Spekulasi yang menyatakan Muammar Khadafi lari keluar negeri, terbukti omong kosong. Mantan penguasa Libya itu membuktikan ucapannya: tak akan menyerah dan memilih mati di tanah airnya sendiri.

Penyerbuan tentara Transisi Nasional Libya (NTC) yang didukung NATO di kota kelahirannya, Sirte, mengakhiri hidup Khadafi. Rekaman video dan keterangan saksi mata mengungkap kisah dramatis akhir hidup sang Singa Afrika.

Berikut tiga bagian kronologi tewasnya Khadafi:

Serangan udara
Sesaat sebelum salat subuh, Kamis 20 Oktober 2011 waktu Libya, Khadafi dikelilingi beberapa lusin pengawal setianya, termasuk komandan angkatan bersenjatanya, Abu Bakar Jabr Younus, pergi ke luar Sirte.
Khadafi menuju wilayah barat. Dia dikawal konvoi 15 truk bersenjata. Namun, ia tak sampai pergi jauh. NATO mengatakan, salah satu pesawatnya memergoki dan menyerang konvoi itu sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

Gerald Longuet, Menteri Pertahanan Prancis, belakangan mengkonfirmasi, serangan udara yang menyebabkan 15 truk hancur lebur dan menewaskan 50 pengikut loyal Khadafi itu dilakukan oleh angkatan udara Prancis.

Namun, serangan tersebut tak menewaskan Khadafi. Bersama segelintir anak buahnya, ia menyelamatkan diri dan terlihat berlari di antara pepohonan menuju jalan utama. Khadafi lalu bersembunyi di dua pipa drainase besar.

Penangkapan Khadafi
Khadafi dan para pengawalnya mencoba melarikan diri dari kejaran tentara NTC. Namun, mereka berhasil dipergoki.

"Salah satu orang Khadafi keluar dari persembunyian sambil melambaikan senapannya dan berteriak menyerah. Namun, saat ia melihat wajahku, ia justru melepaskan tembakan," kata salah satu tentara NTC, Saleem Baker, kepada Reuters.

Diduga, Khadafi meminta mereka berhenti menembak. "Tuan saya di sini, tuan saya ada di sini. Muammar Khadafi ada di sini dan dia terluka," kata Bakeer menirukan ucapan seorang anak buah Khadafi.

Tentara NTC lalu masuk ke dalam pipa dan menyeret Khadafi keluar. Khadafi yang terluka hanya berkata lirih, "Ada apa? Ada apa? Apa yang terjadi?" Tentara NTC lalu membawa Khadafi ke mobil.

Saat tertangkap, kaki Khadafi tertembak, juga punggungnya. Menurut versi Bakeer dan tentara lain, penguasa Libya berusia 42 tahun itu tertembak oleh orangnya sendiri. "Salah satu pengawal Khadafi menembaknya di dada," kata Omran Jouma Shawan.

Video amatir yang diunggah ke YouTube menguatkan keterangan bahwa Khadafi ditangkap hidup-hidup. Dalam video, Khadafi yang berdarah-darah dan limbung dipapah dua tentara NTC. Sementara itu, tentara pemberontak lainnya berusaha memegang dia sambil berteriak, "Allahu Akbar". Semua pengawal Khadafi tewas.

Saat terakhir Khadafi
Setelah ditangkap, Khadafi ditempatkan di mobil yang lalu melaju ke Kota Misrata. Para saksi mata mengatakan, ia meninggal akibat luka-lukanya itu.

Meski demikian, Perdana Menteri Libya sementara, Mahmoud Jibril, dalam konperensi pers mengatakan luka Khadafi tidak parah saat dibaringkan di dalam mobil. Namun, ia tewas terbunuh saat baku tembak kembali pecah.

"Khadafi dibawa dari pipa drainase, ia tidak melawan. Saat itu ia telah tertembak di bagian lengan kanan. Tak ada luka lain di tubuhnya."

Saat mobil bergerak, ia terjebak dalam baku tembak antara tentara revolusioner dan loyalis Khadafi dan tertembak di bagian kepala. "Dokter forensik tak bisa mengungkap, apakah peluru berasal dari tentara revolusioner atau tentara Khadafi."

Jibril mengatakan, Khadafi tewas beberapa menit sebelum mencapai rumah sakit.

Video amatir lain yang diduga diambil seorang pejuang NTC menunjukkan tubuh Khadafi yang sudah tak bernyawa diseret dan dibaringkan di lantai. Para pejuang kelompok pemberontak yang melihatnya, bersorak-sorai. Mayatnya kemudian dimuat ke truk dan dibawa ke sebuah lokasi yang dirahasiakan. "Kami membawa tubuh Khadafi ke tempat rahasia demi alasan keamanan," kata Mohamed Abdel Kafi, seorang pejabat NTC di kota Misrata. (vivanews)
======================

Lucunya Rakyat Libya..? Pemimpinnya Kembali ke Ilahi, mala menari dan menyanyi.

Rakyat Libya tumpah ruah ke jalan, merayakan kematian Moammar Khadafi, sesaat setelah Perdana Menteri transisi Libya Mahmoud Jibril membenarkan berita tersebut. Mereka menari dan bernyanyi, meneriakkan pekik kemenangan atas lepasnya mereka dari belenggu diktator selama 42 tahun.

"Kami telah menunggu momen ini sejak lama. Moammar Khadafi telah terbunuh," kata Jibril dalam konferensi pers di Tripoli, dilansir dari laman Aljazeera, Kamis 20 Oktober 2011.

Perayaan kematian Khadafi yang memang sudah berlangsung sebelum pengumuman resmi bertambah meriah. Kota Tripoli sontak ramai dengan suara klakson mobil yang sengaja dibunyikan pemiliknya. Terdengar juga hingar bingar terompet dan bahkan tembakan ke udara, cara masyarakat Timur Tengah dan Afrika merayakan kemenangan.

"Ini adalah momen yang luar biasa. Saya telah menunggu momen ini berpuluh-puluh tahun, dan saya bersyukur pada Tuhan saya masih hidup untuk merasakannya," kata Menteri Penerangan pemerintah transisi, Mahmoud Shammam, dikutip dari CNN.

Dalam rekaman video, warga terlihat mengeluarkan kepala mereka dari jendela mobil, berteriak-teriak. Di luar sebuah hotel, koki dan pegawai hotel berkumpul, bernyanyi dan menari.

Perayaan juga meriah di kota kelahiran sekaligus kematian Khadafi, Sirte. Beberapa warga terlihat naik ke atap mobil, mengibarkan bendera Libya dan menembakkan peluru ke udara. Saking bahagianya, seorang warga bahkan mencium kamera televisi. Sebagian lainnya bernyanyi dan menari bersama. (vivanews)

Reaksi Pemimpin Dunia atas Tewasnya Muammar Khadafi
Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan, hari ini adalah hari untuk mengenang semua korban Khadafi. Terutama Inggris dan Amerika yang tewas dalam pemboman pesawat Panam tahun 1988 di Lockerbie, Skotlandia.

Sementara itu, di Brussels, Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan, tewasnya Khadafi menandai akhir dari era kelaliman.

Sedangkan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Chaterine Ashton mengatakan, Libya memasuki proses transisi membangun masa depan demokrasi bagi negara, dalam penghormatan penuh terhadap hak asasi manusia.

Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa Ban Ki-Moon, menyerukan persatuan nasional dan rekonsiliasi bukan balas dendam setelah tewasnya Khadafi.

Di Moskow, Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengatakan, dia berharap perdamaian akan datang ke Libya, yang akan menjadi negara modern dan demokratis.

Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle mengatakan, Khadafi adalah seorang diktator yang mengabaikan hak asasi manusia dan memimpin perang berdarah rakyatnya.(metrotvnews)

Video Kematian Mu'ammar Qaddafi

untuk video, sobat bisa cari sendiri di youtube.

Foto n Gambar khadafi bisa dicari di google.

Itulah tadi Posting tentang "Muammar al-Qaddafi | Profil, Detik Terakhir dan Respon Pemimpin Dunia Atas Kematiannya". Jika ada salah kata atau penulisan kiranya pembaca sudi untuk memberikan koreksi saran kritik dan komentarnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.