.

Artikel Pendidikan :: Peranan Guru

Peranan Guru - Mengajar merupakan suatu seni untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan dan nili-nilai yang diharapkan oleh nilai-nilai pendidikan. Dengan demikian, guru sebagai suatu profesi mempunyai beberapa peranan yang harus dikuasai, yang dapat diuraikan sebagai berikut.
  • Guru Sebagai Pengajar. Tugas guru adalah memberikan pelajaran di sekolah. Ia menyampaikan pelajaran agar siswa dapat memahami sedalam-dalamnya pengetahuan yang akan menjadi tanggung jawabnya dan menguasai dengan baik metode dan teknik belajar (Hamalik, 2001).
  • Guru sebagai pendidik. Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh dan panutan bagi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri, dan disiplin (Mulyasa, 2005).
  • Guru sebagai pembimbing. Guru berkewajiban memberikan bantuan kepada siswa agar mereka mampu menemukan masalahnya sendiri dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Pembimbing yang terdekat dengan peserta didik adalah gurunya (Hamalik, 2001).
  • Guru sebagai pemimpin. Peranan sebagai pembimbing menurut kualifikasi tertentu seperti kesanggupan menyelenggarakan kepemimpinan, antara lain merencanakan, melaksanakan, mengoganisasi, mengkoordinasi kegiatan, mengontrol, dan melihat sejauh mana rencana telah terlaksana. Selain itu, guru juga dapat menjalin hubungan sosial, kemampuan berkomunikasi, ketabahan, humor, tegas, dan bijaksana (Hamalik, 2001).
  • Guru sebagai pelatih dan penasehat. Guru harus berperan sebagai pelatih yang bertugas melatih peserta didik dalam pembentukan kompetensi materi standar juga memperhatikan perbedaan individual anak dan lingkungannya. Guru adalah penasehat bagi peserta didik, bahkan bagi orang tua, sehingga guru harus mampu memahami psikologi kepribadian dan ilmu kesehatan mental (Mulyasa, 2005).
  • Guru sebagai evaluator. Dalam satu kali proses belajar mengajar, guru hendaknya menjadi seorang evaluator yang baik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah tujuan yang telah dirumuskan telah tercapai atau belum, dan apakah materi yang telah diajarkan sudah cukup tepat melalui kegiatan evaluasi (Usman, 1995).
  • Guru sebagai ilmuwan. Guru dipandang sebagai orang yang paling berpengetahuan sehingga guru wajib mengembangkan pengetahuannya dan terus memupuknya seperti dengan cara belajar sendiri, mengadakan penelitian, melakukan kursus, mengarang buku, atau membuat tulisan ilmiah.
  • Guru sebagai mediator dan fasilitator. Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahamn  yang cukup tentang media pendidikan karena media pendidikan merupakan alat komunikasi yang dapat lebih mengeefektifkan proses belajar mengajar. Sebagai fasilitator guru hendaknya mampu mengusahakan sumber belajar yang berguna serta dapat menunjang pencapaian tujuan dan proses belajar mengajar (Usman, 2007).
  • Guru sebagai pribadi. Guru dituntut memiliki sifat yang disenangi oleh siswa, masyarakat, dan orang tua. Tegasnya bahwa guru memiliki sifat-sifat pribadi yang disenangi oleh pihak luar, baik untuk kepentingan jabatannya maupun kepentingan dirinya sebagai warga negara (Hamalik, 2001).
  • Guru sebagai penghubung. Sekolah berdiri di dua lapangan, yakni di satu pihak mengembangkan tugas menyampaikan informasi, ilmu, teknologi, kebudayaan, dan di lain pihak ia bertugas menampung aspirasi, masalah, kebutuhan, minat, dan tuntutan masyarakat dengan guru sebagi pelaksana. Banyak cara dilakukan oleh guru seperti public relation, buletin, pameran, dan kunjungan ke masyarakat (Hamalik, 2001).
  • Guru sebagai pembaharu. Guru memegang peranan sebagai pembaharu, oleh karena melalui kegiatan guru penyampaian ilmu dan teknologi, contoh-contoh yang baik dan lain-lain, maka akan menamakan jiwa pembaharuan di kalangan murid (Mulyasa, 2005).
  • Guru sebagai pembangun. Guru baik secara pribadi maupun sebagai profesional dapat menggunakan kesempatan yang ada untuk membantu berhasilnya rencana pembangunan masyarakat seperti KB, koperasi, dan sebagainya (Hamalik, 2001).
Itulah tadi posting tentang Artikel Pendidikan :: Peranan Guru . Semoga bermanfaat...