.

Hasil Sidang Paripurna DPR Tentang Kenaikan BBM

Hasil Sidang Paripurna DPR Tentang Kenaikan BBM - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu. Pada kesempatan kali ini kumpulan ilmu akan berbagi Berita Terbaru Hasil Rapat Paripurna DPR Soal Kenaikan BBM. atau mungkin sobat ingin melihat posting sebelumnya "Demo BBM Jelang Sidang Paripurna DPR atau Suasana Sidang Paripurna DPR Soal Kenaikan BBM".semoga bermanfaat.


Rapat Paripurna Rancangan APBN-P 2012 akhirnya menghasilkan kesepakatan. Rapat yang berakhir dengan voting itu menyepakati BBM tak naik dalam waktu dekat namun masih memberikan kesempatan melakukan perubahan harga BBM.

Voting dilakukan dengan 2 opsi, yaitu opsi pertama tidak ada perubahan apapun dalam RUU APBN-P 2012 pasal 7 ayat 6 UU APBN 2012 yang isinya tidak memperbolehkan pemerintah menaikkan harga BBM pada tahun ini.

Opsi kedua menerima penambahan pasal 7 ayat 6a yang isinya adalah memperbolehkan pemerintah mengubah harga BBM jika harga minyak mentah (Indonesia Crude Price/ICP) mengalami kenaikan atau penurunan rata-rata 15% dalam waktu 6 bulan.

Dari kedua opsi tersebut, berarti kenaikan harga BBM subsidi tidak mungkin dilakukan 1 April 2012 seperti rencana dari pemerintah. Dalam APBN-P 2012 sebelumnya disepakati asumsi ICP adalah US$ 105 per barel atau naik dari asumsi sebelumnya US$ 90 per barel.

Dari hasil voting sebanyak 356 anggota DPR menyetujui opsi kedua, sementara itu 82 anggota DPR memilih opsi pertama atau tak memberikan kesempatan ke pemerintah untuk mengubah harga BBM, menurunkan atau menaikannya. Sementara sebanyak 93 anggota DPR memilih walkout yang terdiri dari fraksi PDI-P Perjuangan dan Partai Hanura.

itulah tadi posting tentang Informasi Terbaru Hasil Sidang Paripurna DPR. semoga ada guna dan manfaatnya. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu, he he he. wassalam

sumber: detik.com