.

Berita Terbaru Gempa Aceh :: Gempa Susulan

Gempa Susulan Pasca Gempa Aceh 11-04-2012


Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi berita terbaru gempa aceh.semoga bermanfaat. atau mungkin sobat ingin membaca posting sebelumnya terkait gempa aceh "Analisa Penyebab Gempa Aceh". semoga bermanfaat

ilustrasi

Pukul 17:50 Sudah Terjadi 8 Gempa Susulan


Gempa susulan terus terjadi setelah gempa utama yang berkekuatan 8,5 SR tadi sore. Masyarakat sebaiknya terus waspada karena biasanya gempa susulan ini akan terus terjadi selama 12 jam.

"Masyarakat harus tetap siap siaga. Karena biasanya gempa terjadi sampai 12 jam. Walaupun fluktuatif naik turun karakternya," jelas Ketua PMI Pusat, Jusuf Kalla (JK), di Kantor PMI Pusat, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (11/4/2012).

Di tempat yang sama, Kadiv Penanggulangan Bencana PMI Arifin Muhammad mengatakan gempa saat ini sifatnya sesar geser, sifatnya horizontal. Hingga pukul 17.50 WIB sudah terjadi 8 kali.

"Titik pusat gempa itu tidak fokus pada satu tapi berpindah-pindah. Masih berada di sekitar Simeuleu," kata Arifin.

Laporan soal kondisi mutakhir di lapangan baru PMI terima dari kota. Sedangkan laporan dari dalam pedalaman belum masuk ke PMI.

Sampai Pukul 23:10 Masih Saja Terjadi Gempa Susulan


Gempa susulan masih terus terjadi di kawasan Simeulue, Aceh. Gempa berada pada kisaran 5 Skala Richter (SR).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis pukul 22.37 WIB Rabu (11/4/2012), terjadi gempa berkekuatan 5,2 SR dengan kedalaman 10 Km. Gempa berpusat di 465 baratdaya Kabupaten Aceh Jaya.

Gempa susulan kedua berkekuatan 5,8 SR terjadi pada pukul 22.41 WIB. Gempa berkedalaman 10 Km ini berpusat di 451 Km baratdaya Simeulue.

Gempa dengan kekuatan 5.4 SR menyusul pada pukul 22.47 WIB. Gempa yang berpusat pada 350 Km aratdaya Kab. Aceh Jaya ini berkedalaman 10 Km.

Gempa bumi 8,5 SR yang mengguncang Aceh dikuti dengan dimunculkannya peringatan tsunami. Namun setelah lebih dari 2 jam dipantau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tidak memperpanjang peringatan tsunami.

"Peringatan tsunami tidak dicabut tapi diakhiri pukul 19.45 WIB," kata Kepala BMKG, Sri Woro dalam jumpa pers di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2012).

sumber: detik.com

itulah tadi informasi terbaru gempa aceh. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam