Pengertian-Definisi Pembukuan Menurut Para Ahli

Pengertian-Definisi Pembukuan Menurut Para Ahli

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kumpulan ilmu akan berbagi wawasan seputar Pengertian-Definisi Pembukuan. Untuk lebih lengkapnya sobat bisa membaca posting sebelumnya yang membahas tentang "Pengertian dan Kode Etik Akuntan Publik". semoga bermanfaat.

ilustrasi

Berikut ini adalah beberapa pengertian pembukuan menurut para ahli :

Pengertian Pembukuan Versi Wikipedia : Pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan. Transaksi meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran oleh perseorangan maupun organisasi. Pembukuan biasanya dilakukan oleh seorang ahli pembukuan. Pembukuan berbeda dengan akuntansi. Proses akuntansi biasanya dilakukan oleh seorang akuntan. Akuntan membuat laporan dari transaksi keuangan tercatat yang ditulis oleh ahli pembukuan. Terdapat beberapa metode umum pembukuan, semisal sistem pembukuan masukan-tunggal dan pembukuan berpasangan, kedua-dua sistem ini dapat dilihat sebagai pembukuan "nyata". Setiap proses yang melibatkan pencatatan transaksi keuangan adalah proses pembukuan.

Pengertian Pembukuan Menurut Pasal 1 (29) KUP : Suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur Untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, Yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada setiap tahun pajak berakhir.

Pengertian pembukuan menurut Suandy (2002) adalah proses pencatatan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi tentang : (i) Keadaan harta; (ii) Kewajiban atau utang; (iii) modal; (iv) penghasilan dan biaya. Pembukuan ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan perhitungan laba rugi pada setiap akhir tahun pajak.

Pengertian pembukuan menurut Gunadi (2001 : 9) “pembukuan (book keeping) adalah pencatatan data perusahaan dengan teknik tertentu dan mengolahnya sehingga dapat disusun menjadi laporan keuangan”.

pembukuan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): (1) mesin untuk membukukan rekening dengan cara memasukkan angka, baik secara manual maupun elektronik. (2) pencatatan dalam buku; (3) Ek proses pemindahan transaksi dr jurnal ke buku besar

itulah tadi Artikel tentang pengertian pembukuan menurut para ahli. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam