.

Update Terkini Gempa Aceh :: Analisa Penyebab Gempa

Analisa Awal Penyebab Gempa Aceh 11-04-2012


Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi berita terkini terkait gempa aceh.semoga bermanfaat. atau mungkin sobat ingin membaca posting sebelumnya terkait gempa aceh "Suasana Saat Gempa Aceh". semoga bermanfaat.

ilustrasi

Analisa Danny Hilman (Ahli Gempa dari ITB)


Ahli gempa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Danny Hilman menilai gempa 8,5 SR di Aceh bukan megathrust yang diramalkan banyak ahli. Megathrust yang diramalkan banyak ahli akan terjadi di Pulau Siberut, Sumatera.

Danny mengaku memang para ahli sudah meramalkan bahwa sewaktu-waktu bakal terjadi gempa sangat kuat, yang disebut megathrust. Kekuatan megathrust ini bisa mencapai 8,9 SR dan akan terjadi di sekitar Pulau Siberut, Sumatera.

"Jadi, gempa 8,5 SR ini bukan gempa yang dikhawatirkan. Ini lokasinya di lautan dalam Samudera Hindia," kata Danny kepada detikcom, Rabu (11/4/2012).

Meski banyak ahli meramalkan megathrust, Danny berharap tidak akan ada gempa lagi yang besar di sekitar Sumatera. "Sekarang saja udah 8,5 skala richter. kalau lebih besar lagi mudah-mudahan jangan," katanya.

Danny juga menyatakan saat ini sistem peringatan dini tsunami sudah berjalan lumayan. "Setidaknya jika terjadi gempa atau tsunami sudah bisa dideteksi, bisa diperkiarakan lokasinya, berapa besarannya, berapa menit gempanya, berapa kedalamannya," katanya. "Tapi kalau konkritnya saya rasa masih belum terlalu optimal. masih banyak yang perlu dibenahi," imbuh dia.

Analisa DR. Irwan Meilano (Ahli Geologi ITB)


Ahli Geologi dari ITB DR Irwan Meilano mempunya analisis awal soal penyebab gempa 8,5 SR di Aceh. Mekanisme gempa tersebut sesar geser bukan sesar naik.

"Analisis awal mekanisme gempa tadi yaitu sesar geser dan bukan sesar naik (bukan mega thrust) sehingga potensi tsunami tidak terlalu besar," kata Irwan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/4/2012).

Menurut Irwan, lokasi gempa berada di bagian luar daerah pertemuan Lempeng (Outer rise earthquake). "Jarak dari gempa 10 januari 2012 yaitu kurang dari 30 Km," imbuhnya.

Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Andi Arief yang mengirim pesan dari Irwan menambahkan, gempa itu sebesar itu memang sudah diprediksi. Namun memang waktunya tidak bisa dipastikan. "Memang sudah juga diingatkan akan kemungkinan megathrust yg kita semua tidak tahu kapan terjadinya," sambung Andi.

sumber: detik.com

itulah tadi Update terkini berita gempa aceh. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam