.

Cara Membuat Blog Platform Blogger Dari Google

Cara Membuat Blog Gratisan Platform Blogger

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kumpulan ilmu akan berbagi wawasan seputar Cara Membuat Blog di Blogger. atau mungkin sobat ingin membaca posting sebelumnya yang membahas tentang "Keith Haring Google Doodle". semoga bermanfaat.

cara membuat blog platform blogger

Sekelumit Tentang Sejarah Blogger

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang pertam kali dibuat oleh Pyra Labs dan pada tahun 2003 diakusisi oleh Google. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. (contoh konkritnya adalah blog saya tercinta : mbegedut.blogspot.com) hehehe :-) sekalian numpang promo.

Blogger yang diluncurkan oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999, tak lain merupakan salah satu perangkat publikasi blog pertama kali di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs oleh tim google dijadikan layanan yang sepenuhnya gratis.

Tutorial Cara Membuat Blog

Ok, sobat sekalian, syarat utama untuk membuat blog gratisan di blogger adalah sobat harus punya akun google / email google (gmail), bagi sobat yang sudah punya akun google langsung saja masuk ke homepage blogger yang beralamatkan di blogger.com. sedangkan untuk sobat yang lom punya akun google silakan sobat lihat artikel sebelumnya untuk mendaftar dulu (Cara Membuat Email Gmail | Google Mail | Panduan Bergambar).

setelah sobat masuk di homepage blogger, lalu isikan email dan password sobat kemudian klik sign in

sign in new blogger

Tahap selanjutnya sobat akan disuruh untuk mengisi username (yang nantinya akan muncul  di setiap posting blog sobat) dan memenuhi syarat serta ketentuan yang ditentukan oleh pihak google (langsung centang aja, cz klo baca Terms of Service nya kelamaan ntar mla ga jadi2 blogx hehehe :-). lalu klik ikon continue (lihat gambar dibawah)

username new blogger step

samapi tahap ini sebenarnya sobat sudah mempunyai akun blogger tapi lom punya blog baru, untuk melanjutkan tahap pembuatan blog klik ikon blog baru (lihat gambar dibawah)

tahap membuat blog baru

Setelah itu sobat akan dihadapkan dengan form penentuan judul dan alamat blog baru sobat (lihat gambar dibawah). isi sesuai dengan keinginan dan keahlian sobat pasti lebih mantabbb.

judul dan alamat blog baru

Selamat... sekarang sobat sudah punya blog baru... ini cerita ku mana cerita mu...? silakan berkreativitas...

berikut sedikit keterangan mengenai menu blog

blog gratisan selesai

  1. ikon untuk posting / menulis artikel
  2. ikon untuk melihat list posting
  3. optimasi / pengaturan blog (statistik, template/tema, tata letak, penelusuran, bahasa, iklan dll)
  4. ikon untuk melihat blog
Beikut sedikit keterangan mengenai menu post

menu-menu postingan blogger

  1. kolom judul postingan
  2. kolom entri postingan
  3. kategori/tema postingan (contoh: berita, hobi, masakan, tutorial, artis, sekedar coretan dll)
  4. berfungsi untuk jadwal penerbitan posting (contoh: semisal sobat sekarang mumpung ada waktu to nulis artikel tapi pengennya diterbitkan 3 hari kemudian)
  5. berfungsi untuk menambahkan lokasi
  6. berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan komentar postingan dll
klo sobat masih lom paham juga akan tutorial cara membuat blog diatas, sobat bisa membaca tutorial cara membuat blog (Pertolongan Pertama Pada Kebloggeran atau klo disingkat jadinya P3K he.he.he :-) yang disediakan langsung oleh tim google dibawah ini (blogger help)

Bagaimanakah cara membuat akun Blogger?
Di beranda Blogger, klik "Ciptakan Blog Anda" lalu buatlah Akun Google. Perhatikan bahwa Anda mungkin telah memiliki Akun Google jika sebelumnya telah menggunakan produk Google seperti orkut, Grup Google, Gmail, dan produk lainnya - jika demikian, lanjutkan dan masuklah. Selanjutnya, pilih nama tampilan dan setujui Persyaratan Layanan Blogger. Setelah semuanya disiapkan, Anda siap untuk mulai membuat blog!

Bagaimanakah cara membuat blog di Blogger?
Setelah Anda membuat akun Blogger, masuklah ke www.blogger.com dan klik "Buat Blog". Pada Langkah 2, masukkan judul dan alamat (URL) untuk blog Anda. Ketik huruf di kotak verifikasi kata untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar manusia, lalu klik "Lanjutkan". Pada Langkah 3, Anda dapat memilih kerangka blog; nantinya, inilah tampilan blog untuk pembaca Anda. Selanjutnya, Blogger membuat blog baru Anda, yang tampil di alamat yang Anda pilih pada Langkah 2.

Bagaimana cara mengeposkan entri ke blog?
Di Dasbor, klik "Entri Baru" di samping blog yang ingin Anda poskan entri. Mulailah dengan memberikan judul pada entri (opsional), lalu masukkan entri tersebut. Setelah selesai, klik tautan "Pratinjau" untuk melakukan pratinjau bagaimana tampilan blog setelah dipublikasikan. Setelah Anda merasa puas dengan entri Anda, klik "Publikasikan".

Bagaimana cara mengeposkan gambar?
Anda dapat mengunggah foto menggunakan ikon gambar yang ada di bilah alat editor entri. Saat Anda mengeklik ikon ini, sebuah jendela akan muncul yang memungkinkan Anda memilih satu atau beberapa gambar dari komputer. Cukup klik "Jelajahi" untuk mencari gambar yang Anda inginkan. Atau, bisa juga dengan memasukkan URL gambar yang sudah ada di internet untuk menyisipkannya ke entri Anda. Jika Anda mengeklik tautan untuk memilih tata letak, Anda dapat mengubahsuaikan tampilan gambar pada entri. Opsi kiri, tengah, dan kanan akan menentukan alur teks pada entri di sekeliling gambar. Opsi ukuran ini memungkinkan Anda menskalakan gambar ke ukuran yang berbeda dalam area pengeposan ini.

Bagaimanakah cara menambahkan foto ke profil?
Pertama, klik tautan "Edit Profil" pada dasbor Anda. Gulir ke bawah menuju bagian "Foto", tempat Anda dapat memilih berkas dari komputer atau memasukkan URL gambar jika foto yang Anda inginkan dapat ditemukan di internet. Harap perhatikan bahwa gambar harus berukuran 50 k atau lebih kecil.

Di manakah judul blog saya ditampilkan?
Judul blog Anda, seperti yang ditentukan pada tab Setelan | Dasar di Blogger, dapat tampil di banyak tempat: pada blog yang dipublikasikan, pada Dasbor, dan pada profil Anda. Jadi pastikan untuk membuat judul yang kreatif!

Apakah itu URL?
URL adalah alamat berkas di Web, seperti www.example.com atau foo.example.com. Selama proses pembuatan blog, Anda harus memilih URL blog. Pengunjung dapat mengakses blog dengan mengetik URL ini ke bilah alamat pada peramban mereka. Karena jumlah blog Blogspot sudah sangat banyak, Anda harus kreatif dan mungkin mencoba beberapa URL yang berbeda sebelum menemukan URL yang tersedia. Format URL Anda akan berupa namayangandapilih.blogspot.com. Saat memilih URL blog, perhatikan bahwa Anda hanya dapat menggunakan huruf, angka, dan tanda hubung. Karakter khusus seperti $, #, &, dll. tidak diizinkan.

Video Tutorial Cara Membuat Blog






itulah tadi Artikel tentang Cara Membuat Blogger. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. he he he. wassalam