.

Contoh Pendahuluan Makalah Perencanaan Dalam Manajemen Pendidikan

Contoh Pendahuluan Makalah Perencanaan Dalam Manajemen Pendidikan

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini kumpulan ilmu akan berbagi posting tentang Contoh Pendahuluan Makalah Manajemen Pendidikan. Atau mungkin sobat ingin membaca posting sebelumnya yang membahas tentang "Contoh Pendahuluan Makalah Menciptakan Lingkungan Belajar". semoga bermanfaat.


Perencanaan Dalam Manajemen Pendidikan

Tidak maksimalnya peranan sekolah dan masyarakat dalam mendukung pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah lebih disebabkan oleh pengelolaan yang sentralistik dalam sistem pendidikan dasar dan menengah selama ini.

Sebagai salah satu alternatifnya, kemudian digagas konsep school based management atau Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Konsep ini berusaha memberikan wewenang lebih luas kepada sekolah untuk mengelola dan memberdayakan semua sumber pendidikan yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakatnya.

Kemampuan, inisiatif, dan kreativitas sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolahnya, menjadi alasan mengapa MBS menjadi penting. Sejak proes pengambilan keputusan, perencanaan, dan kebijakan penyelenggaraan pendidikan semuanya bersumber dari kemauan dan kehendak sekolah itu sendiri, bukan dari lapis birokrasi di atasnya.

Dalam MBS, upaya-upaya maksimal para guru, kepala sekolah, dan partisipasi masyarakat (stake holders) yang merasa ikut bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan.

Partisipasi masyarakat ini dapat dilembagakan dalam bentuk Majelis Sekolah. Majelis sekolah merupakan lembaga yang dapat berfungsi sebagai akuntabilitas pendidikan untuk: perencanaan, pengambilan keputusan, dan implementasi penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Unsur-unsur masyarakat yang menjadi anggota Majelis Sekolah berasal dari mereka yang memiliki kaitan tanggung jawab dalam meningkatkan mutu sekolah, antara lain: Guru, Kepala Sekolah, Siswa, Orang Tua, Lurah/Kepala Desa, Camat, dan unsur-unsur masyarakat lainnya. Artinya, persoalan Lembaga Pendidikan bukan hanya berada di pundak kepala sekolah sebagai manajernya.

itulah tadi posting tentang Cara Membuat Pendahuluan Makalah yang mungkin masih jauh dari kesempurnaan. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. he he he. wassalam

2 comment

sama-sama n makasih atas kunjungannya sobat