Misteri Dan Histori Syiir Tanpo Waton + Teks | Video | mp3 Download

Syiir Tanpo Waton | Misteri | Histori | Teks | Video | mp3 Download

Syiir Tanpo Waton - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi wawasan seputar Syi'ir Tanpo Waton. Atau mungkin sobat ingin sekedar melihat posting sebelumnya yang membahas tentang "Free Download mp3 Murottal Al-Qur'an Saad Al-Ghamdi / Saad Al-Ghomidi". semoga bermanfaat.


Misteri dan Histori Pengarang Syiir Tanpo Waton

sumber: http://aliks-fx.blogspot.com/2011/10/misteri-pengarang-syieir-tanpo-waton.html
Di awal tahun 2011 pertama kali aku mendengar syiir tanpo waton di karang nongko di acara pengajiannya kiai husain, rutinan malam pitulasan. syiir tersebut di kumandangkan sebelum dan sesudah pengajian, syiirnya begitu menyentuh kalbu, dan mulai bait awal sampai akhir penuh makna, seluruh syiir tersebut mengandung ajaran mulai dasar sampai ke ajaran yg lebih tinggi, andai ada orang yg baru masuk islam dan hanya syiir an ini jd pegangan insya Allah dia selamat dunia akhirat.

Setelah selesei mengaji aku minta syiiran ini dari para santri melalui bleutoot dari hp ke hp, sesampai di rumah aju dengarkan lagi syiiran ini,tanpa bisa di cegah hati tergetar , perasaan begitu syahdu....air mata jatuh bercucuran, setiap kali ku ulangi syiiran ini aku menangis tersedu....begitu kuat daya magis syiir tanpo waton ini.

Beberapa bulan kemudian ketika aku pergi ketulangan sidoarjo ke rumahnya gus yusup, di rumah gus yusup sudah ada tamu seorang tua yg memakai busana muslim tapi lusuh sekali, aku tidak tahu siapa orang tua ini, tiba - tiba hpku berdering dan kebetulan nada deringnya adalah syiir tanpo waton, orang tua ini meneruskan syiir tanpo waton dari hpku dg suara yg lembut tapi serak sekali dan kulihat matanya mulai berkaca - kaca, singkat kata kami akhirnya membahas syiir tanpo waton ini, berkali kali aku bertanya kepada orang tua ini arti kata yg tidak aku mengerti di syiir tanpo waton ini, orang tua ini menjawab dg sangat gamblang sekali, aku bersyukur di pertemukan dg orang tua ini, lewat gus yusup akhirnya aku tahu siapa sebenarnya orang ini, orang ini adalah teman gus yusup yg setiap kali kalau gus yusup mengalami kegundahan dalam hatinya orang ini datang dg tiba tiba tanpa di undang ke rumah gus yusup dan memberi jalan keluar.

Setelah kami mengobrol cukup lama gus yusup bilang padaku kalau syiir tanpo waton ini bukan karangan gus dur dan yg melagukan juga bukan gus dur tapi gus nizam dari wonoayu sidoarjo, dan orang tua ini mengamini apa yg dibilang oleh gus yusup, aku bertanya dalam hati benarkah berita ini...

seiring dg waktu aku mulai melupakan peristiwa ini, dan aku masih yakin kalau yg mengarang dan melagukan syiiran ini adalah gus dur bukan gus nizam,sampai dua hari yg lalu, malam 15 bulan puasa aku di telp oleh putra kiai djalil yg menanyakan siapa sebenarnya pengarang dan yang melagukan syiir tanpo waton, katanya ada yg bilang bukan gus dur yg melagukan, aku teringat peristiwa di tulangan waktu itu, dan kusampaikan kpd putra kiai djalil ini bahwa memang ada yg mengatakan begitu, yaitu bahwa yg mengarang dan melagukan syiir tanpo waton itu gus nizam bukan gus dur. putra kiai djalil ini minta tolong kepadaku supaya mencari info yg sebenarnya..

Aku mulai mencari info dan alhamdulillah info ini ku dapat dari orang yg bernama supri dari wonoayu sidoarjo, beliau bercerita : Diawal bulan Mei 2011 itulah pertama saya mendengarkan syiir ini ditengah-tengah ribuan jamaah dari berbagai penjuru dusun, desa, kecamatan, kota dan luar kota. Ketika mendengar syiir ini hati, akal pikiran dan seluruh badan terasa gemetar seperti mendapatkan pancaran Nur Ilahi. Sejak itulah saya mencoba menelusuri jejak syiir ini apakah Gus Nizam (pengasuh ponpes Ahlus Shafa wal Wafa Simoketawang, Wonoayu, Sidoarjo) yang menciptakan atau ada orang lain dibalik terciptanya syiir ini.

Karena sejak awal pertama kali mendengar syiir ini saya meyakini bahwa bukan orang biasa yang membuat syiir ini katakanlah sekelas waliyullah. Untuk menapaki jejak syiir ini langkah pertama yang saya ambil adalah mencari di dunia maya melalui bantuan Google, begitu tulisan “syiir tanpo wathon“ saya masukkan dan mesin pencari bekerja seketika web/blog yang mengulas syiir ini langsung terpampang semua. Ohh... ternyata syiir ini diciptakan oleh Almaghfirullah Gus Dur. Dalam hati berkata pantas saja syiir ini begitu mendalam maknanya.

Sebagai seorang lulusan S1 yang pernah melakukan penelitian, insting untuk mencari kebenaran syiir ini mulai muncul dibenak saya. Tak lama kemudian sekitar awal bulan Juni 2011 syiir ini dikumandangkan setiap menjelang adzan shalat fardhu di radio Yasmara Kembang Kuning Surabaya. Sejak itulah syiir ini menjadi gelombang tsunami yang menghantam relung-relung hati dan jiwa orang-orang yang beriman. Satu bulan berikutnya sekitar awal bulan Juli 2011 muncullah CD yang beredar dipasaran melantunkan syiir ini yang disertai vidio klip foto-foto almarhum Gus Dur.

Jejak demi jejak kami telusuri, ternyata syiir ini beredar di dunia maya sejak bulan Nopember 2011 dan yang menyebarkan syiir ini adalah komunitas Gusdurian (pengidola Gus Dur). Semua vidio klip suaranya seragam dilantunkan satu orang, yang hampir semua orang itu meyakini suara Gus Dur, namun setelah memutar beberapa kali suaranya memang mirip suara Almarhum Gus Dur, tetapi suara itu terdengar ketika Gus Dur masih muda. Hatipun bertanya-tanya kalau benar ini suaranya Gus Dur seharusnya syiir ini booming sejak Gus Dur masih hidup.

Jejak setapak terus saya telusuri, suaranya yang masih muda mengingatkan saya pada sosok KH. Mohammad Nizam As-Shofa, Lc dan ternyata betul suara ini mirip sekali dengan suara khas Gus Nizam cucu dari guru mursyid tarekat (almarhum) Hadhratus as-Syaikh al-Mukarram KH. Sahlan Thalib, Krian, Sidoarjo. KH. Sahlan merupakan seorang guru mursyid yang telah menelorkan beberapa orang wali seperti Almaghfirullah Mbah ‘Ud Pagerwojo, Sidoarjo dan juga Almaghfirullah KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam (Pengasuh Ponpes Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah) Turen, Malang.

Langkah setapak untuk menelusuri jejak syiir ini terus saya langkahkan, sudah saatnya saya mencari informasi dari dalam Ponpes Ahlus Shofa wal Wafa melalui jamaah yang sudah lama ikut maupun para pengurus-pengurusnya. Setapak demi setapak membuahkan hasil. Seorang jamaah yang sejak 2007 telah mengikuti pengajian di ponpes ini menjelaskan bahwa sejak pertama kali saya ikut pengajian disini, syiir ini sudah rutin dilantunkan bersama jamaah setelah selesai pengajian. Dan ketika saya bertanya kepada salah satu pimpinan pengurus di ponpes ini, beliau mengatakan saya sudah hafal syiir ini sejak 4 tahun yang lalu, maksudnya adalah sejak awal 2007. Kemudian saya teringat dengan CD yang memuat pengajian bulan ramadhan tahun 2008 yang didalamnya terdapat file syiir tanpo wathon. Saya coba melihat properteisnya dan ternyata file ini direkam sejak bulan Pebruari 2007.

Puncak pendakian gunung syiir tanpo wathon ini sudah hampir kelihatan, itu artinya langkah setapak tinggal sedikit lagi. Langkah yang berat terus saya lakukan untuk mencapai puncak sejarah dari syiir ini. Dan Alhamdulillah Gus Nizam menunjukkan jalan setapak yang terakhir dari puncak syiir ini, bahwa syiir ini beliau ciptakan sejak tahun 2004. Di versi pertama syiir ini lebih panjang dua bait, kemudian diversi kedua tahun 2007 dua bait tersebut dihapus. Dan versi kedua itulah yang beredar luas dan syiir ini kemudian diakui oleh Gusdurian (pengidola Gus Dur) sebagai syiirnya Gus Dur.

Sebagai pencipta dan pelantun syiir tanpo wathon ini, Gus Nizam bersyukur sekali syiir ini beredar luas dimasyarakat dengan kebesaran nama Guru Bangsa kita yaitu Gus Dur. Kuatnya label kewalian Gus Dur yang samakin hari semakin berjubel, puluhan ribu peziarah terus memadati makam Almaghfirullah Gus Dur. Gus Nizam juga mengaku senang sekali jika syiir ini ditempelkan atau nisbatkan ke Gus Dur. Karena Gus Nizam sendiri mengakui bahwa Gus Dur merupakan salah seorang waliyullah. Itu terbukti disetiap pengajiannya hadiah Al-Fatihah selalu dikirimkan ke Almagfirullah Gus Dur untuk mendapatkan keberkahannya.

Langkah menapaki puncak syiir ini telah sampai pada puncaknya. Pencipta dan pelantun syiir tanpo wathon adalah KH. Mohammad Nizam As-Shafa, Lc. Pengasuh Ponpes Ahlus Shafa wal Wafa, Simoketawang, Wonoayu, Sidoarjo. Beliau merupakan guru pembimbing tarekat Naqsyabandiyah, beliau membuka pengajian tasawuf setiap Rabu malam yang diikuti oleh ribuan jamaah putra-putri. Kitab yang dikaji adalah Kitab Jami’ul Ushul Fil Auliya’ (Syaikh Ahmad Dhiya’uddin Musthofa Al-Kamisykhonawy) & kitab Al-Fathur Rabbani wal Faidlur Rahmany (Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani) setiap Rabu jam 21.30 WIB.

sumber: http://aliks-fx.blogspot.com/2011/10/misteri-pengarang-syieir-tanpo-waton.html

Syiir Tanpo Waton Versi Jawa



استغفر الله ربّ البرايا # استتغفر الله من الخطا يا
ربّي زدني علما نافعا # ووفّقني عملا صالحا

يا رسول الله سلام عليك # يا رفيع الشان و الدرج
عطفة يا جيرة العالم # يا أهَيل الجود والكرم

Ngawiti ingsun nglaras Syiiran
Kelawan muji marang Pangeran
Kang paring rahmat lan kenikmatan
Rino wengine tanpo itungan 2X

Duh bolo konco priyo wanito
Ojo mong ngaji Syare'at bloko
Gur pinter ndongeng, nulis lan moco
Tembe mburine bakal sengsoro 2X

Akeh kang apal Qur'an haditse
Seneng ngafirke marang liyane
Kafire dewe gag di gatekke
Yen isih kotor ati akale 2X

Gampang kabujuk nafsu angkoro
Ing pepaese gebyare ndunyo
Iri lan meri sugihe tonggo
Mulo atine peteng lan nisto 2X

Ayo sedulur jo nglaleake
Wajibe ngaji sak pranatane
Nggo ngandelake iman tauhite
Baguse sangu mulyo matine 2X

Kang aran soleh bagus atine
Kerono mapan seri ngelmune
Laku thoriqot lan ma'rifate
Ugo hakikot manjing rasane 2X

Al-Qur'an Qodim wahyu minulyo
Tanpo ditulis biso diwoco
Iku wejangan guru waskito
Den tancepake ing njero dodo 2X

Kumantil ati lan pikiran
Mrasuk ing badan kabeh jeroan
Mu'jizat Rosul dadi pedoman
Minongko dalan manjinge iman 2X

Kelawan Allah kang moho suci
Kudu rangkulan rino lan wengi
Ditirakati diriyadhohi
Dzikir lan suluk jo nganti lali 2X

Uripe ayem rumongso aman
Dununge roso tondo yen iman
Sabar narimo najan pas pasan
Kabeh tinakdir saking pengeran 2X

Kelawan konco dulur lan tonggo
kang podo rukun ojo ngasio
Iku sunahe Rosul kang mulyo
Nabi Muhammad panutan kito 2X

Ayo nglakoni sakabehane
Allah kang bakal ngangkat derajate
Senajan ashor toto dhohire
Ananging mulyo maqom drajate 2X

Lamun palastro ing pungkasane
Ora kesasar roh lan sukmane
Den gadang Allah swargo manggone
Utuh mayite ugo ulese 2X

Syiir Tanpo Waton Versi Madura



أَسْتَغْفِرُ اللهْ رَبَّ الْبَرَايَا * أَسْتَغْفِرُ اللهْ مِنَ الْخَطَايَا

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا نَافِعَا * وَوَفِّقْنِي عَمَلاً صَالِحَا

ياَ رَسُولَ اللهْ سَلاَمٌ عَلَيْكْ * يَا رَفِيْعَ الشَّانِ وَ الدَّرَجِ

عَطْفَةً يَّاجِيْرَةَ الْعَالَمِ * يَا أُهَيْلَ الْجُودِ وَالْكَرَمِ

Ngabiti kaula noles syiiran
Kalaban muji da’ ka Pangeran
Se mareng rohmat ban kanikmatan
Are malemma ta’ apetongan 2x

Du bala kanca lake’ bine’na
Ja’ pera’ ngaji syareat parcoma
penter adungging nulis ban maca
e’ budi are bakal sangsara 2x

Bannya’ se hafal Qur’an Haditssa
Senneng ngapere da’ ka laenna
Kaperra dibi’ ta’ apangrasa
Ja’ mase kotor ate akkalla 2x

Gampang tanoro’ napso angkara
E papaessa sonarra dunnya
Iri ban dengki sogina tangga
Pola atena petteng ban nista 2x

Tore taretan ja’ sampe’ loppa
Wajibba ngaji ban barakatta
Kangguy matebbel iman tauhitta
Bagussa sangu matena mulja 2x

E’ koca’ sholeh bagus atena
Karana mapan jangkep elmona
Jalan tarekat ban ma’refatta
Juga hakekat manjing rassana 2x

Al-Quran Qodim wahyu se molja
Ta’ usah toles bisa e baca
Neka baburuk guru se molja
E tanceppagi e dalem dada 2x

Cekka’ e’ ate ban pekkeran
Arasok e badan ka bai’ daleman
Mu’jizat rasul daddi panduman
Minangka jalan manjingnga iman 2x

Kalaban Allah se Maha Socce
are malemma kodu manyese
E ongguwagi kodu pagate
Dzikir ban suluk pa sampe’ lale 2x

Odi’na tennang arassa aman
Mantebba rassa tandana iman
Sabbar narema najjan pas-pasan
Sadaja takdir dari pangeran 2x

Kalaban kanca bala tatangga
Se pada rukun ja’ pada tega
Paneka sunnah Rosul se molja
Nabi Muhammad panutan kaula 2x

Tore lakoni sakabiyanna
Allah se bakal ngangka’ darajatta
Sanajjan asor tata dlahirra
Tatape molja maqom pangkatta 2x

Mun sampe’ dapa’ ka pungkasanna
Ta’ kera posang roh ban sukmana
E arep Allah suarga kennenganna
Paggun mayyitta ban bundu’na 2x

source : http://mudhfar.blogspot.com/2012/02/syiir-tanpo-waton-versi-madura.html

Syiir Tanpo Waton Versi Terjemahan Indonesia Bebas


Aku memulai menembangkan syi'ir
Dengan memuji kepada Tuhan
Yang memberi rahmat dan kenikmatan
Siang dan malam tanpa hitungan

Wahai para teman pria dan wanita
Jangan hanya belajar syari'at saja
Hanya pandai bicara, menulis dan membaca
Esok harinya bakal sengsara

Banyak yang hafal Qur'an dan Hadits
Senang mengkafirkan pada yang lain
Kafirnya sendiri tak dihiraukan
Jika masih kotor hati dan akalnya

Gampang terbujuk nafsu angkara
Dalam hiasan gemerlapnya dunia
Iri dan dengki kekayaan tetangga
Maka hatinya gelap dan nista

Ayo saudara jangan melupakan
Wajibnya mengaji lengkap dengan aturannya
Untuk mempertebal iman tauhidnya
Bagusnya bekal mulia matinya

Yang disebut sholeh adalah bagus hatinya
Karena mapan lengkap ilmunya
Menjalankan tarekat dan ma'rifatnya
Juga hakikat meresap rasanya

Al Qur'an qodim wahyu mulia
Tanpa ditulis bisa dibaca
Itulah petuah guru mumpuni
Ditancapkan di dalam dada

Menempel di hati dan pikiran
Merasuk dalam badan dan seluruh hati
Mukjizat Rosul(Al-Qur'an) jadi pedoman
Sebagai sarana jalan masuknya iman

Kepada Alloh Yang Maha Suci
Harus mendekatkan diri siang dan malam
Diusahakan dengan sungguh-sungguh secara ihlas
Dzikir dan suluk jangan sampai lupa

Hidupnya tentram merasa aman
Mantabnya rasa tandanya beriman
Sabar menerima meski hidupnya pas-pasan
Semua itu adalah takdir dari Tuhan

Terhadap teman, saudara dan tetangga
Yang rukunlah jangan bertengkar
Itu sunnahnya Rosul yang mulia
Nabi Muhammad tauladan kita

Ayo jalani semuanya
Allah yang akan mengangkat derajatnya
Walaupun rendah tampilan dhohirnya
Namun mulia maqam derajatnya di sisi Allah

Ketika ajal telah datang di akhir hayatnya
Tidak tersesat roh dan sukmanya
Dirindukan Allah surga tempatnya
Utuh jasadnya juga kain kafannya

Video Syiir Tanpo Waton Dengan Kreatifitas Musik








Untuk Download mp3 Syiir Tanpo Waton (klik disini)

Itulah tadi posting tentang Misteri Histori Syiir Tanpo Waton. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. he he he. wassalam