.

Contoh Makalah Bahasa Indonesia :: Kesatuan Kalimat dan Paragraf

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Kesatuan Kalimat dan Paragraf

Makalah Bahasa Indonesia - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Contoh Makalah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Contoh Makalah Bahasa Indonesia dengan tema "Kesatuan Kalimat dan Paragraf". Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Contoh Makalah Pendidikan Multikulturalisme". semoga bermanfaat.

contoh makalah, makalah bahasa, contoh makalah bahasa indonesia, makalah bahasa indonesia

Pengertian Kalimat
Kalimat adalah satuan bahasa terkecil dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan suatu pikiran yang utuh. Dalam suatu kalimat terdiri dari beberapa unsur antara lain subyek, predikat, obyek,pelengkap dan keterangan. Kalimat dikatakan sempurna jika minimal memiliki unsur Subyek dan Predikat.

Menurut KBBI, kalimat:
1. kesatuan ujar yg mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan;
2.perkataan;
3.satuan bahasa yg secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa;
2.2 Pengertian Paragraf

Paragraf berasal dari bahasa Yunani paragrafos yang artinya “menulis disamping" atau "tertulis disamping". Paragraf adalah suatu jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide. Atau ada juga yang mengartikan bahwa paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik paragraf disebut juga alinea. Paragraf adalah seperangkat kalimat yang tersusun secara logis dan sistematis yang mengandung satu kesatuan ide pokok. Di samping itu,secara teknis paragraf merupakan satuan terkecil dari sebuah karangan. Biasanya paragraf itu terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan baik isi maupun bentuknya. Isi kalimat-kalimat pembangun paragraph itu membentuk satuan pikiran sebagai bagian dari pesan yang disampaikan penulis dalam karangannya. Jadi dengan kata lain bahwa paragraf adalah satuan terkecil dari karangan yang biasanya terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan dan merupakan uraian tentang sebuah ide pokok.

Pengertian Kesantunan
Kesantunan (politiness), kesopansantunan, atau etiket adalah tatacara, adat, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Kesantunan merupakan aturan perilaku yang ditetapkan dan disepakati bersama oleh suatu masyarakat tertentu sehingg kesantunan sekaligus menjadi prasyarat yang disepakati oleh perilaku sosial. Oleh karena itu, kesantunan ini biasa disebut "tatakrama". Berdasarkan pengertian tersebut, kesantunan dapat dilihat dari dari berbagai segi dalam pergaulan sehari-hari.Pertama, kesantunan memperlihatkan sikap yang mengandung nilai sopan santun atau etiket dalam pergaulan sehari-hari.karena yang dibahas dalam makalah ini adalah kesantunan dalam paragraph dan kalimat maka kesantunan yang dimaksud dalam makalah ini adalah kesantunan dalam kalimat.

Selengkapnya mengenai makalah bahasa indonesia diatas, silakan sobat download, file doc (klik disini)

Itulah tadi artikel tentang Contoh Makalah Bahasa Indonesia. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.