Contoh Makalah Dasar Pemrograman File Pada Pascal

Makalah Dasar Pemrograman File Pada Pascal

Contoh Makalah Pemrograman Pascal - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Informasi Terkini Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Makalah Dasar Pemrograman dengan judul "File Pada Pascal" yang disusun oleh sobat-sobat dari TIP-FTP Unibraw Malang. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Tragedi Serangan 11 September Dalam Berita". semoga bermanfaat.

sekedar ilustrasi

Seringkali pada program-program aplikasi untuk sistem informasi, data perlu disimpan untuk keperluan penegelolaan lebih lanjut. Bila data yang perlu disimpan mempunyai volume yang cukup besar, maka penggunaan variabel, larik, atau pointer sudah tidak tepat lagi, karena variabel, larik, atau pointer menggunakan memori internal komputer, sehingga tidak cukup untuk menampungnya. Variabel, larik, dan pointer hanya tepat digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan untuk proses saja.

Untuk menyimpan data dengan volume yang besar harus digunakan cara yang lain, yaitu dapat dengan menyimpannya di external memory yang relatif mempunyai kapasitas penyimpanan lebih besar daripada internal memory serta involatile (tidak hilang bila aliran listrik terputus, sehingga dapat menyimpan data lebih permanen).

Data yang ada di external memory disimpan dalam bentuk file. File ini dapat diibaratkan dengan map-map yang berisi dengan data di filling cabinet dan filling cabinet itu sendiri dapat diibaratkan sebagai simpanan luarnya. Seperti halnya filling cabinet yang dapat menyimpan beberapa map, demikian juga dengan disk dapat menyimpan beberapa file.

Suatu file terdiri dari urutan komponen yang mempunyai tipe yang sama. Berbeda dengan larik yang jumlah komponennya sudah pasti, jumlah komponen dalam file sifatnya luwes, yaitu dapat ditambah dan dikurangi sewaktu-waktu. Di dalam bahasa Pascal dikenal 3 macam tipe file, yaitu file teks (text file), file bertipe (typed file), dan file tak bertipe (untyped file).

Selengkapnya mengenai makalah diatas, sobat bisa download, format doc (klik disini)

Itulah tadi artikel tentang Contoh Makalah Dasar Pemrograman File Pada Pascal. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.