Contoh Makalah Ekonomi Syariah | Ruang Lingkup Ekonomi Syari’ah

Ruang Lingkup Ekonomi Syari’ah: Tinjauan Teori dan Praktik di Indonesia

Contoh Makalah Ekonomi Syariah - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Contoh Makalah Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Contoh Makalah Ekonomi Syariah dengan judul "Ruang Lingkup Ekonomi Syari’ah: Tinjauan Teori dan Praktik di Indonesia)" yang disusun oleh sobat Murasa Sarkaniputra (Dosen Ekonomika Islami UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Contoh Makalah Ekonomi Islam". semoga bermanfaat.



Ruang Lingkup Ekonomi Syari’ah:
Tinjauan Teori dan Praktik di Indonesia
Murasa Sarkaniputra
Dosen Ekonomika Islami UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Reformulasi Sistem Ekonomi Syari’ah dan Legislasi Nasional, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, di Semarang, 6-8 Juni 2006.

Pendahuluan
Dari TOR Seminar Nasional ini dapat dikemukakan tiga hal penting. Pertama, Undang-undang Dasar 1945 pasal 29 ayat 2 adalah landasan dasar bahwa seluruh syari’at Islam, khususnya yang menyangkut bidang-bidang hukum muamalat, dapat dijalankan secara sah dan formal oleh kaum muslimin, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan jalan diadopsi dalam hukum positif nasional. Kedua, keberhasilan upaya warga bangsa untuk maksud ini ditandai oleh berdirinya Bank Muamalat Indonesia (BMI) pada tahun 1992, dan bank-bank perkreditan rakyat syari’ah (BPRS), berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang perbankan. Keberadaan bank syari’ah lebih diperkuat dengan diterbitkannya Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan dan Undang-undang No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, yang menyatakan bahwa BI dapat menerapkan kebijakan moneter berdasarkan prinsip-prinsip syari’ah (Pasal 1 angka 7 dan pasal 11). Ketiga, landasan hukum ini menjamin adanya tertib hukum bahwa di Indonesia disepakati penerapan sistem perbankan ganda atau dual banking system, yaitu penggunaan perbankan konvensional dan perbankan syari’ah yang berjalan secara paralel. Penulis berpendapat bahwa kondisi keakraban ini akan sangat berperan dalam menumbuh-kembangkan investasi pada usaha-usaha yang benar-benar diinginkan masyarakat luas. Dengan kebebasan memilih yang diperankan masyarakat dalam mana Pemerintah bertindak sebagai pelayannya, maka pada gilirannya setiap individu, aktor di pentas ekonomi ini, yang bertanggungjawab kepada Tuhannya di hari kemudian tentang apa yang diamalkannya di dunia.

Beberapa uraian diatas tadi hanya sekedar cuplikan, selengkapnya sobat bisa download makalah ekonomi syariah diatas, format PDF (klik disini)

Itulah tadi artikel tentang Contoh Makalah Ekonomi Syariah. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.