.

Contoh Makalah IAD | Ayat-Ayat Tentang Sains

Makalah IAD Ayat-Ayat Tentang Sains

Contoh Makalah IAD - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Contoh Makalah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Contoh Makalah Ilmu Alamiah Dasar dengan judul "Ayat-Ayat Tentang Sains" yang disusun oleh sobat-sobat dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Contoh Makalah IAD Tentang Proses Terbentuknya Bumi". semoga bermanfaat.


Menurut ahli astronomi, alam semesta bermula dari kumpulan-kumpulan nebula raksasa (kabut gas). Adanya nebula ini bukan hanya mungkin, tetapi itu sangat mungkin ada.bintang-bintang terdiri dari berbagai usia, beberapa di antaranya masih dalam bentuk dasar nebula. Sementara usia bintang lain yang telah demikian tua, umumnya bintang itu gelap yang biasa disebut bintang “mati” guna membedakan dengan bintang yang lain yang masih mengeluarkan cahaya. Matahari sendiri pertama kalinya berupa nebula yang sekarang telah mendekatkan usia pertengahan. Dalam penelitian menyebutkan bahwa titik-titik hitam pada matahari yang biasa disebut bagian matahari yang sudah tidak lagi mengeluarkan pancaran panas (mati) semakin lama semakin bertambah. Jika ini terus berlangsung, tentu tidak menutup kemungkinan suatu saat matahari juga tidak akan berfungsi alias menjadi bintang mati. Sedangkan bulan dianggap mati dalam ukuran yang sangat kecil. Karena cahaya yang dipancarkan merupakan hasil pemantulan dari cahaya matahari. Yang terpenting, dan tidak diragukan lagi bahwa sistem tata surya ini dahulunya adalah merupakan massa gas. Di dalam al-Qur’an juga menyebutkan tentang hal ini, yang artinya berbunyi :

lalu Dia memfokuskan kehendak-Nya ke arah ini (langit) sedangkan langit itu berupa gas. Kemudian berfirman kepada langit dan bumi :”datanglah kamu bedua baik secara sukarela maupun dengan terpaksa”. Mereka menjawab : “Kami berdua datang dengan sukarela”. Kemudian Dia mengatur (menetapkan) langit ke dalam tujuh bagian langit yang masing-masing memiliki dua periode (siang dan malam) dan pada setiap bagian ini Dia bebankan tugas khusus dan Kami hiasi ruang angkasa dari bumi ini dengan lampu-lampu serta sebuah perlindungan (pemeliharaan). Demikian ini merupakan ketentuan dari Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.”

Proses selanjutnya adalah adanya keterkaitan antara planet-planet dan bumi yang pada saat itu merupakan suatu benda dan kemudian mereka dipisah, lalu dengan air awal munculnya kehidupan. Ini telah disebutkan tadi dalam surat al-Anbiya’ ayat 30. Dalam memahami ayat ini tentu diperlukan konsep sains, setelah adanya pemisahan alam semesta dijelaskan bahwa mulanya terjadi pendinginan bumi dan benda langit yang lain secara bertahap serta terjadinya kehidupan hanya ketika gerak telah mencapai suhu-suhu air. Sehingga kehidupan mulanya berasal dari air. Dalam versi lain menyebutkan bahwa alam semesta tercipta dalam kurun waktu enam masa, ini mengambil rujukan dari surat Yunus ayat 3 dengan menggabungkan antara teori sekuler dan teori agama :

Selengkapnya mengenai makalah IAD diatas, sobat bisa download (klik disini)

Itulah tadi artikel tentang Contoh Makalah Ilmu Alamiah Dasar. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.