.

Contoh Makalah IAD Tentang Tsunami

Makalah IAD Tentang Tsunami

Contoh Makalah IAD - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Contoh Makalah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Contoh Makalah Ilmu Alamiah Dasar dengan judul "Tsunami" yang disusun oleh sobat Nur Efendi (Universitas Muhammadiyah Malang). Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Contoh Makalah IAD Ayat-Ayat Tentang Sains". semoga bermanfaat.

contoh makalah, contoh makalah iad, contoh makalah ilmu alamiah dasar, makalah iad, makalah ilmu alamiah dasar

Gelombang tsunami bisa dijelaskan dari fenomena penjalaran gelombang secara transversal. Energinya adalah fungsi dari ketinggian (amplitudo) dan kecepatannya. Ketinggiannya sangat dipengaruhi oleh panjang gelombang. Sebuah tsunami memiliki panjang gelombang ratusan kilometer, berperilaku seperti gelombang air-dangkal. (Sebuah gelombang menjadi gelombang air-dangkal atau shallow-water wave ketika perbandingan kedalaman air dengan panjang gelombangnya kecil dari 0,05). Kecepatan gelombang air-dangkal (v) adalah : v =V(g*d), dengan g adalah percepatan gravitasi dan d adalah kedalaman air. Bayangkan, pada kedalaman 10 km di Samudera India, sebuah tsunami akan memiliki kecepatan awal sekira 300 m/detik atau sekitar 1.000 km/jam. Kecepatan ini akan berkurang seiring dengan semakin dangkalnya kedalaman air ke arah pantai. Namun, energi yang dikandung gelombang tidaklah berkurang banyak. Ini sesuai hubungan laju energi yang hilang (energi loss rate) pada gelombang berjalan berbanding terbalik dengan panjang gelombangnya; dengan kata lain semakin besar panjang gelombangnya maka makin sedikit energi yang hilang, sehingga energi yang dikandung tsunami bisa dianggap konstan. Karena energinya konstan, berkurangnya kecepatan akan membuat ketinggian gelombang (amplitudo) bertambah. Ilmuwan mencatat dengan kecepatan 1.000 km/jam menuju pantai, tinggi gelombang bisa mengalami kenaikan sampai 30 meter. Datangnya tsunami seperti dinding air setinggi 30 meter jatuh di tepi kota Anda. Setidak-tidaknya 30 meter horizontal dari tepi pantai akan porak-poranda oleh kekuatan dahsyat alam ini.

Selengkapnya mengenai makalah IAD diatas, sobat bisa download (klik disini)

Itulah tadi artikel tentang Contoh Makalah Ilmu Alamiah Dasar. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.