Jenis-jenis Aktiva Menurut Para Ahli

Jenis-jenis Aktiva Menurut Para Ahli

Jenis Aktiva Menurut Para Ahli - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Akuntansi Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Pembagian Aktiva Menurut Para Ahli. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Pengertian-Definisi Aktiva Menurut Para Ahli". semoga bermanfaat.


Berikut ini adalah beberapa Jenis-jenis Aktiva Menurut Para Ahli yang admin ambil dari berbagai macam sumber:

Jenis Aktiva Menurut Haryono Yusuf (2003:23) menyebutkan dalam bukunya "Dasar-Dasar Akuntansi" aktiva dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Aktiva lancar : aktiva yang meliputi kas dan sumber-sumber ekonomik lainnya yang dapat dicairkan menjadi kas, dijual atau habis dipakai dalam rentang waktu satu tahun.
  2. Aktiva tetap : aktiva berwujud yang digunakan dalam operasi perusahan dan tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan
Jenis Aktiva Menurut Arthur J Keown dan telah diterjemahkan oleh Chaerul D Djatman, dalam bukunya “Dasar-dasar Manajemen Keuangan” (2001 : 82) bahwa aktiva terdiri dari tiga kategori, yaitu :
  1. Aktiva lancar (current assets) terdiri dari kas, surat berharga yang mudah dijual, piutang dagang, persediaan serta beban diterima dimuka.
  2. Aktiva tetap atau jangka panjang (fixed atau Long-term assets) terdiri atas peralatan, bangunan, tanah,dan
  3. Aktiva lain-lain (other assets) aktiva yang tidak termasuk dalam kelompok aktiva lancar maupun aktiva tetap perusahaan, seperti hak paten, investasi jangka panjang dalam surat berharga dan goodwill.
Jenis Aktiva Menurut Zaki Baridwan (2004:20) dalam bukunya "Intermediate Accounting" menyebutkan aktiva dibagi menjadi tiga yaitu:
  1. Aktiva lancar : Uang kas dan aktiva-aktiva lain atau sumber-sumber yang diharapkan akan direalisasikan menjadi uang kas atau dijual atau dikonsumsi selama siklus usaha yang normal dalam waktu tertentu
  2. Aktiva tetap :  adalah aktiva-aktiva berwujud yang sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan normal”.
  3. Aktiva lain-lain.
Joel G. Siegel dan Jae K. Shim memberikan pengertian mengenai aktiva lain-lain yang sudah dialih bahasakan oleh Moh. Kurdi dalam buku “Kamus Istilah Akuntansi”, yaitu: “Aktiva Lain-lain (Other Assets) adalah kategori neraca untuk aktiva-aktiva kecil yang tidak diklasifikasikan dibawah judul khusus (seperti, aktiva lancar, aktiva tidak berwujud, dan investasi jangka panjang). Jenis aktiva ini mungkin tidak material dalam jumlahnya dibandingkan dengan seluruh aktiva.“ (2000;328)

Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 16)” memberikan pengertian mengenai aktiva lai-lain sebagai berikut : “Pos-pos yang tidak dapat secara layak digolongkan dalam aktiva tetap dan tidak dapat digolongkan dalam aktiva lancar, investasi atau penyertaan maupun aktiva tak berwujud, seperti aktiva tetap yang tidak digunakan, piutang kepada pemegang saham, beban yang ditangguhkan dan aktiva lancar lainnya, disajikan dalam kelompok aktiva lain-lain”.(2004:18)

Kesimpulan dari jenis aktiva tersebut diatas adalah:
  1. Aktiva lancar adalah mencakup uang kas,aktiva lainnya, atau sumber lainnya yang diharapkan dapat direalisir atau dicairkan menjadi uang kas atau dijual selama jangka waktu yang normal.
  2. Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun terlebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan, tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal
  3. Aktiva lain-lain adalah aktiva-aktiva yang tidak dapat dimasukkan dalam kelompok-kelompok lain seperti misalnya titipan kepada penjual untuk menjamin kontrak, bangunan dalam pengerjaan, piutang-piutang jangka panjang, uang muka pada pejabat perusahaan dan lain-lain.
Itulah tadi artikel tentang Jenis Aktiva Menurut Para Ahli. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. he he he. wassalam.