.

Pengertian-Definisi Aktiva Lancar Menurut Para Ahli

Pengertian-Definisi Aktiva Lancar Menurut Para Ahli

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Para Ahli - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Akuntansi Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Definisi Aktiva Lancar Menurut Para Ahli. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Jenis-jenis Aktiva Menurut Para Ahli". semoga bermanfaat.

sekedar ilustrasi

Berikut ini adalah beberapa Pengertian-Definisi Aktiva Lancar Menurut Para Ahli yang admin ambil dari berbagai macam sumber:

Pengertian Aktiva Lancar dalam Wikipedia : Aset lancar (Inggris: current asset) dalam akuntansi adalah jenis aset yang dapat digunakan dalam jangka waktu dekat, biasanya satu tahun. Contoh aset lancar antara lain adalah kas, piutang, investasi jangka pendek, persediaan, dan beban dibayar di muka.

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Zaki Baridwan, (1999 ; 21) dalam bukunya Intermediate Accounting, bahwa aktiva lancar adalah: “Uang kas dan aktiva–aktiva lain atau sumber–sumber yang di harapkan akan di realisasikan manjadi uang kas atau di jual / di konsumsi selama siklus usaha yang normal dalam waktu tertentu”.

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti dalam bukunya yang berjudul “Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”, (2004;169) mengemukakan bahwa : “Aktiva lancar didefinisikan sebagai aktiva yang secara normal berubah menjadi kas dalam waktu satu tahun atau kurang.”   

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Lyn M. Fraser dan Aileen Ormiston yang diterjemahkan oleh Sam Setyautama dalam buku “Memahami Laporan Keuangan” menyatakan bahwa: “Aktiva Lancar meliputi Kas atau Asset yang diharapkan dapat dijadikan uang tunai dalam satu siklus operasi akuntansi atau satu tahun”.

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Soemarso (2004:228) “Aktiva lancar yaitu kas dan aktiva-aktiva lain atau sumber–sumber yang diharapkan akan direalisasi menjadi uang kas Dalam Jangka waktu 1 ( satu ) tahun atau dalam satu siklus kegiatan normal perusahaan”. Seperti Kas, Investasi dalam efek, Surat berharga, Piutang dagang, Persediaan, Pembayaran dimuka. Investasi Jangka Panjang.

Pengertian Aktiva Lancar Menurut S. Munawir (2004;14) mendefinisikan aktiva lancar sebagai berikut: “Aktiva lancar adalah uang kas atau aktiva lainnya yang dapat diharapkan untuk dicairkan atau ditukarkan menjadi uang tunai, dijual atau dikonsumer dalam periode berikutnya (paling lama satu tahun atau dalam perputaran kegiatan perusahaan yang normal).”

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Kasmir, aktiva lancar adalah sebagai berikut: “Merupakan harta atau kekayaan yang segera dapat di uangkan (ditunaikan) pada saat dibutuhkan dan paling lama satu tahun ” (2004:20)

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Shinta Melzatia, dalam modul Akuntansi Keuangan Menengah II (Program Kelas Karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Jakarta) menyebutkan Aktiva lancar (current assets) adalah kas atau aktiva lainnya yang secara layak dapat diharapkan untuk dikonversi menjadi kas, dijual, atau dikonsumsi dalam operasi selama satu siklus operasi atau dalam suatu tahun jika lebih dari satu siklus yang diselesaikan setiap tahun.

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Susan Irawati dalam bukunya yang berjudul “Manajemen Keuangan” (2006;89) menyatakan bahwa : “Current Assets yaitu kekayaan perusahaan yang secara fisik bentuknya berubah dalam suatu kegiatan proses produksi yang habis dalam satu kali pemakaian dan dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai kembali dalam jangka pendek yaitu waktu kurang dari 1 tahun.“

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Umi Muawanah Dkk dalam bukunya yang berjudul konsep Dasar Akuntansi dan Pelapor Keuangan jilid I: “Aktiva lancar adalah uang tunai dan saldo rekening giro di bank serta kekayaan-kekayaan lain yang dapat diharapkan bisa dicairkan menjadi uang tunai atau rekening giro bank, atau dijual maupun dipakai habis dalam operasi perusahaan, dalam jangka pendek”. (2008:210)

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Warren Reeve Fess yang diterjemahkan oleh Aria Farahmita, dkk dalam bukunya yang berjudul “Accounting Pengantar Akuntansi ” (2005;180) mengemukakan : “Aktiva lancar adalah aktiva lainnya yang diharapkan akan dikonversi menjadi kas atau dijual atau dipakai habis dalam waktu kurang dari satu tahun, dalam operasi yang normal.”

Pengertian Aktiva Lancar Menurut Alimsyah dan Padji (2006;284) mendefinisikan aktiva lancar sebagai berikut: “Aktiva lancar adalah harta perusahaan yang dapat ditukar dengan uang tunai dalam waktu relative singkat, biasanya ukuran waktunya yang dipakai ialah siklus usaha atau tahu buku, yang termasuk aktiva lancer ialah uang kas, rekening giro bank, investasi jangka pendek, piutang usaha, persediaan barang dagang, biaya dibayar dimuka, wesel, dll..”

Itulah tadi artikel tentang Definisi Aktiva Lancar Menurut Para Ahli. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. he he he. wassalam.