.

Pengertian-Definisi Aktiva Menurut Para Ahli

Pengertian Aktiva / Aset Menurut Para Ahli

Pengertian Aktiva Menurut Para Ahli - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Akuntansi Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Definisi Aset Menurut Para Ahli. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Lomba Karya Tulis 2012 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur". semoga bermanfaat.

sekedar ilustrasi

Berikut ini adalah beberapa pengertian-definisi Aktiva Menurut Para Ahli yang admin ambil dari berbagai macam sumber:

pengertian-definisi Aktiva dalam Wikipedia : Aset atau aktiva adalah sumber ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat usaha di kemudian hari. Aset dimasukkan dalam neraca dengan saldo normal debit.

pengertian-definisi Aktiva Menurut Weygandt (2007:11-12) : aset ialah sumber penghasilan atas usahanya sendiri, dimana karakteristik umum yang dimilikinya yaitu memberikan jasa atau manfaat dimasa yang akan datang.

pengertian-definisi Aktiva Menurut Djarwanto PS. (2001:15) pengertian aktiva adalah sebagai berikut: “Aktiva merupakan bentuk dari penanaman modal perusahaan, bentuk-bentuknya dapat berupa harta kekayaan atau hak atas kekayaan atau jasa yang dimiliki perusahaan yang bersangkutan.”

pengertian-definisi Aktiva Menurut Mamduh M.Hanafi (2003:24) pengertian aktiva adalah: “Aktiva adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan darinya manfaat ekonomi dimasa depan diharapkan akan diraih oleh perusahaan.”

pengertian-definisi Aktiva Menurut Zaki Baridwan : “Aktiva atau harta adalah benda baik yang memiliki wujud maupun yang semu dan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang diharapkan diperoleh manfaat ekonomisnya”.
(2004:271)

pengertian-definisi Aktiva Menurut S Munawir (2002:30) aktiva adalah sarana atau sumber daya ekonomik yang diniliki oleh suatu kesatuan usaha atau perusahaan yang hargan perolehannya atau nilai wajarnya harus diukur secara objektif.

pengertian-definisi Aktiva Menurut Thompson yang diterjemahkan oleh skoussen dkk (2001 : 131) aktiva adalah kemungkinan keuntungan ekonomi di masa depan yang diperoleh atau dikontrol oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksi atau kejadian dimasa lalu.

pengertian-definisi Aktiva Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) “ Aset dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang dibuat oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) didefinisikan sebagai sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan darimana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan (IAI, 2007). Makna aset yang sama disampaikan oleh International Accounting Standards Committee (IASC, 1997), yang mendefinisikan: “ An assets is resource controlled by the enterprise as a result of past events and from which future economic benefits are expected to flow to the enterprise.Makna aset yang dikemukakan oleh IAI dalam SAK tersebut pada dasarnya hanyalah terjemahan dari definisi aset menurut IASC, sehingga bisa dikatakan IAI tidak mempunyai definisi aset. (ejournal.umm.ac.id/index.php/jrak/article/viewFile/700/721_umm_scientific_journal.pdf)

Pengertian-definisi Aktiva Menurut Yusuf (1999:22) menerangkan : “Aktiva adalah sumber–sumber eknomi yang dimiliki perusahaan yang biasadinyatakan dalam satuan uang”

pengertian-definisi Aktiva Menurut Sugiri dan Sumiyana (1996:12) menjelaskan : “aktivaialah manfaat ekonomik dimasa mendatang yang cukup pasti, yangdiperoleh atau dikuasai oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksiatau peristiwa masa lampau.”

pengertian-definisi Aktiva Menurut FASB (1990) mendefinisikan aktiva sebagai berikut: “Aktiva adalah manfaat ekonomi yg mungkin terjadi dimasa mendatang yg diperoleh atau dikendalikan oleh suatu entitas tertentu sebagai akibat transaksi atau peristiwa masa lalu.

Itulah tadi artikel tentang Pengertian-definisi Aset Menurut Para Ahli. terimakasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. he he he. wassalam.