.

Wikipedia Bahasa Indonesia | Sekedar Wawasan

Wikipedia Bahasa Indonesia

Wikipedia Indonesia - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Wikipedia bahasa Indonesia. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Contoh Makalah Internet Tentang Cybercrime". semoga bermanfaat.

wikipedia, wikipedia indonesia, wikipedia bahasa indonesia
tampilan wikipedia bahasa indonesia


Wawasan Seputar Wikipedia bahasa Indonesia

Wikipedia bahasa Indonesia (sering disingkat WBI) adalah versi bahasa Indonesia dari ensiklopedia Wikipedia sebagai ensiklopedia yang dapat disunting bebas oleh siapa saja yang terdapat dalam jaringan internet. Seperti Wikipedia dalam bahasa lainnya di dunia, Wikipedia bahasa Indonesia mengikuti peraturan-peraturan dasar Wikipedia yang bermula dari bahasa Inggris seperti penulisan artikel dengan sudut pandang netral. Salah satu bidang di mana Wikipedia Indonesia mempunyai lebih banyak artikel jika dibandingkan versi bahasa lain adalah artikel-artikel wilayah administratif di Indonesia, meskipun banyak yang isinya masih merupakan rintisan saja.

Wikipedia bahasa Indonesia menjadi Wikipedia ketiga tercepat pertumbuhannya di Asia setelah Wikipedia bahasa Mandarin dan Wikipedia bahasa Jepang, dan pada saat yang sama menjadi Wikipedia terbesar di negara berkembang pada tahun 2006. Pada bulan April 2010 WBI merupakan Wikipedia terbesar di Asia Tenggara, keempat di seluruh Asia, dan ke-25 dari seluruh dunia.

Awalnya, kontributor yang pertama kali dikenal oleh media massa di Indonesia adalah Revo Soekatno. Pada tahun 2004, Revo mendeskripsikan Wikipedia pada Majalah Tempo sebagai "Ensiklopedia dari Kamar Kos". Revo juga menyebutkan potensi yang dimiliki oleh Wikipedia dengan menunjukkan bahwa bahasa-bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia seperti Wikipedia bahasa Jawa dan Wikipedia bahasa Sunda sudah memiliki Wikipedia dalam bahasa tersebut. Majalah Tempo menuliskan dalam artikelnya bahwa para kontributor wikipedia bisa jadi tidak terkenal dalam kehidupan nyata, para kontributor ini mungkin juga tidak diundang pada acara-acara seminar penting maupun acara wawancara, dan bila ditanyakan pada ilmuwan terkenal, mereka pun bisa jadi tidak mengenali namanya.

Pada tahun 2006, TIME mengeluarkan artikel tokoh untuk tahun ini (person of the year) yang menyatakan bahwa orang yang terpilih adalah "Anda" ("You"), artikel ini mengulas tentang kolaborasi di Wikipedia, tak lama setelah itu Harian KOMPAS menerbitkan artikel tentang Revo sebagai "Bapak dari Wikipedia bahasa Indonesia". Artikel ini juga menekankan bahwa semangat untuk berkontribusi sebagai "Kecanduan di jagat maya yang harus didukung". Media lain melihat Revo sebagai salah satu "aktivis yang membangun portal komunitas di Indonesia", dan memuji kontribusinya sebagai salah satu alasan mengapa Wikipedia bahasa Indonesia dikenal di internet.

Selain Bahasa Inodesia, beberapa bahasa daerah di Indonesia ada juga yang memiliki edisi Wikipedia sendiri antara lain: Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Jawa dan Sunda.

Wikipedia bahasa Indonesia saat artikel ini diposting (27 September 2012) memiliki 195.018 artikel. Artikel pertamanya adalah "Elektron", yang mulai disunting pada tanggal 30 Mei 2003, Halaman utamanya sendiri pertama kali dibuat enam bulan kemudian pada tanggal 29 November. Pada bulan Februari 2009, Wikipedia bahasa Indonesia mencapai artikelnya yang ke 100 ribu. Saat artikel ini dipublikasikan Wikipedia Indonesia memiliki tiga puluhan kontributor aktif.

Halaman resmi Wikipedia Bahasa Indonesia (id.wikipedia.org)
Untuk akses Wikipedia Bahasa Indonesia melalui mobile phone (id.m.wikipedia.org)

Bagi sobat pengguna browser firefox, sebenarnya firefox sudah dilengkapi dengan pencarian artikel di wikipedia tapi dalam bahasa Inggris, untuk pencarian artikel di wikipedia bahasa Indonesia sobat harus menyematkan add-ons (pengaya) tambahan (klik disini)



Revo Arka Giri Soekatno

Revo Arka Giri Soekatno (biasa dipanggil Revo atau Revi; lahir di Ambon, Indonesia, 2 Agustus 1975; umur 37 tahun) adalah salah seorang pendiri Wikipedia bahasa Indonesia (WBI). Ia menghabiskan waktu masa kecilnya berpindah-pindah sesuai dengan penempatan kerja ayahnya. Kedua orang tuanya berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Revo juga adalah seorang peneliti, wiraswastawan, dan penulis buku. (facebook: facebook.com/revi.soekatno)



Kiprah di Wikipedia bahasa Indonesia

Pertemuan pertamanya dengan Wikipedia Indonesia pada tanggal 13 Maret 2003. Saat itu ia sedang mencari informasi tentang suku Guanches di Spanyol dan lalu ia menemukan sebuah situs yang pada waktu itu masih terbilang "jelek" dan "kurang informasi". Revo segera mendapati bahwa situs tersebut dapat di edit dan lalu mulailah memberikan kontribusi pertamanya pada waktu itu. Ia kemudian diangkat menjadi pengurus dan birokrat pertama Wikipedia Indonesia pada bulan Februari 2004. Pada tahun 2004 Revo telah menjadi narasumber dan secara aktif mendukung media mengenai Wikipedia Bahasa Indonesia secara umum maupun pada lingkup Wikipedia Indonesia itu sendiri. Artikel pertama yang dibuat ia adalah tentang filsafat. Pada artikel Tempo ia menyatakan bahwa meskipun semua orang bisa memberikan kontribusi apapun, Wikipedia masih berusaha menjadi ensiklopedia bebas, vandalisme biasanya tidak berlangsung lama karena dapat dideteksi oleh siapa saja. Pada 2007, ia telah diwawancarai oleh Chic Magazine (majalah wanita), di mana ia mendorong lebih banyak perempuan untuk menulis di Wikipedia. Revo juga pernah tampil di sebuah acara Metro TV sebagai kontributor aktif Wikipedia bahasa Indonesia. Dia juga menjadi pembuka acara dalam seminar Wikipedia, salah satunya adalah Indonesia yang disponsori oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi selama ICT Award 2007, di mana peserta tertarik menerima sebuah "pelatihan tangan" tentang cara untuk mengedit dan menulis di Wikipedia. Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Antara, Revo menyatakan bahwa tantangan bagi Wikipedia bahasa Indonesia di masa depan akan mempertahankan akurasi informasi. Wikipedia bahasa Indonesia pada tahun 2006 telah menjadi ketiga di Asia sebagai versi lokal dari Wikipedia yang paling cepat berkembang setelah Jepang dan Cina.


Itulah tadi artikel tentang Wikipedia Bahasa Indonesia. terima kasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.