.

7 Khasiat Lidah Buaya

7 Khasiat Lidah Buaya

Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Kesehatan, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi posting tentang Khasiat Lidah Buaya. Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "5 Manfaat Lidah Buaya". semoga bermanfaat.

lidah buaya, khasiat lidah buaya, manfaat lidah buaya, fungsi lidah buaya, cara menggunakan lidah buaya

Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Konsultan Ayurweda di Satvikshop.com, dr Jaishree Bhattacharjee mengungkap beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan:

1. Gel yang terkandung pada lidah buaya mampu melindungi kulit dari efek penuaan, seperti kerut dan kekeringan. 

2. Lidah buaya memiliki kandungan antialergi yang tinggi, jadi, sangat baik dalam perawatan kulit melawan eksim, psoriasis, gatal-gatal, dan sebagainya.
Lidah buaya tak hanya mampu melawan bakteri, tetapi juga memiliki kandungan antialergi. Bila ada masalah gatal-gatal pada kulit, coba gunakan lidah buaya.

3. Membantu meredakan sakit pada lambung akibat terlalu banyak asam lambung, gastritis, dan peradangan di lambung.
Tak hanya bisa mengurangi peradangan di kulit, lidah buaya juga bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan. Sebuah cara yang baik untuk meredakan sistem pencernaan usai mengkonsumsi makanan berat. Sudah ada banyak bentuk gel lidah buaya yang siap konsumsi.

4. Lidah buaya memiliki banyak kandungan vitamin dan asam amino yang membuatnya menjadi modulator imun, restoratif, serta antioksidan.
Artinya, lidah buaya membantu mendukung dan meredakan fungsi sistem imun ketika dibutuhkan. Properti restoratif lidah buaya sejak lama dibicarakan sejak lama, lidah buaya menyegarkan kulit dan membuatnya cerah. Antioksidan memiliki kemampuan untuk membuat kulit terlihat lebih muda.

5. Mengandung serat yang membantu kurangi konstipasi dan menyegarkan sistem pencernaan.
Serat yang ada di dalam lidah buaya juga membantu melancarkan pergerakan pencernaan dan membersihkan isi perut. Ketika konstipasi, lidah buaya bisa  menjadi salah satu solusi.

6. Enzim baik untuk sistem pencernaan pun terkandung di dalamnya.
Lidah buaya adalah solusi baik untuk saluran pencernaan. Serat di dalamnya juga bisa menjadi solusi untuk pencernaan yang kurang lancar.

7. Memiliki kandungan antimikrobial yang memiliki kandungan antibakteri, virus, dan jamur.
Secara internal dan eksternal, lidah buaya memiliki beragam kemampuan untuk melawan mikroba jahat.

sumber: wikipedia, beritasatu.com

Itulah tadi artikel kesehatan tentang Beberapa Khasiat Lidah Buaya. terima kasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.