Contoh Makalah : Komunikasi Dan Teknologi Informasi

Komunikasi Dan Teknologi Informasi

Makalah Komunikasi Dan Teknologi Informasi - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Kajian pustaka, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi posting tentang Contoh Makalah Komunikasi Dan Teknologi Informasi yang disusun oleh sobat Anastiya Billiny dan sobat Siti Shofrotun (STIE Swastamandiri). Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Makalah Audit Sumber Daya Manusia". semoga bermanfaat.

contoh makalah, makalah komunikasi, teknologi, informasi, makalah teknologi informasi, komunikasi

KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

DISUSUN OLEH:
ANASTIYA BILLINY
SITI SHOFROTUN

STIE SWASTAMANDIRI
PROGRAM PESANTREN AL-ES’AF
SURAKARTA
2008

BAB I
PENDAHULUAN

Segala puji bagi Allah swt yang telah memberikan kesempatan, kesehatan, serta kenikmatan yang berlimpah ruah sehingga kami bisa melanjutkan kuliah di Pesantren Al-Esa’f dengan baik. Salah satu mata kuliah kami ikuti adalah manajemen yang diampu oleh ustad Catur Sugiyarto, S.E. dengan buku panduan manajemen edisi 8 yang dikarang oleh Steven P. Robbins dan Mary Coulter. Di dalam setiap mata kuliah manajemen, kami dituntut untuk membaca buku dengan mengumpulkan sebuah makalah yang berisi bahan materi kuliah dalam setiap pertemuan. Dalam penyusunan makalah kali ini judul yang kami sajikan adalah “KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI”. Judul ini akan menjelaskan mengenai definisi dari komunikasi maupun pentingnya sebuah komunikasi. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita, baik secara indovidu maupun organisasi. Tanpa adanya komunikasi maka kita tidak akan mendapatkan informasi. Begitu juga dalam sebuah organisasi atau perusahaan, apabila di dalamnya kurang komunikasi yang akhirnya mengakibatkan kurangnya informasi bahkan tidak ada, maka dia tidak akan bisa berkembang ataupun bersaing. Sebuah informasi tidak akan lepas dari adanya komunikasi, karena salah satu fungsi dari komunikasi adalah untuk mendapatkan informasi sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada bab II bagian isi sebagai berikut.

BAB II
ISI

Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Definisi khusus : komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain.

Proses Komunikasi
Proses komunikasi dilakukan dalam dua tahap : Primer dan Sekunder
1. Proses Komunikasi secara primer, mengandung dua jenis pengertian :
  • Denotatif, arti sebagaimana tercantum dalam kamus [dictionary meaning]
  • Konotatif, arti emosional atau mengandung penilaian tertentu/ kiasan (emotional or evaluate meaning).
2. Proses Komunikasi Secara Sekunder

Sifat komunikasi
  1. Tatap muka [face to face]
  2. Bermedia [mediated]
  3. Verbal [verbal]: Lisan [oral] & Tulisan/ cetak [written/ printed]
  4. Nonverbal [non-verbal]: kial/ isyarat badaniah [gestural], bergambar [pictorial], facial expressions, spatial relationship.
Teknologi Informasi
Istilah TI (Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI (Sistem Informasi) atau IS (Information System). Sebuah Sistem Teknologi Informasi atau selanjutnya akan disebut STI, pada dasarnya dibangun di atas lima tingkatan dalam sebuah piramida STI. Berurutan dari dasar adalah: konsep dasar, teknologi, aplikasi, pengembangan dan pengelolaan.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Perkembangan Teknologi Informasi
Teknologi informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Membantu Manusia dalam : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, Problem solving (pemecahan masalah). Masalah dimengerti sebagai perbedaan antara kondisi yang terjadi dengan kondisi yang diinginkan. Problem solving adalah mengenali sebuah masalah, mengidentifikasi alternatif pemecahan masalah dan berhasil menerapkan solusi yang dipilih. Teknologi infrormasi banyak membantu manusia dalam mengenali dan memecahkan masalah.

Kegunaan utama teknologi infrormasi  adalah membantu dalam pemecahan masalah dengan  kreativitas tinggi dan membuat manusia semakin efektif dalam memanfaakannya.

Di dalam STI, sebuah informasi dapat dikatakan berguna apabila ditopang oleh tiga hal:
  1. Tepat pada kebutuhannya atau relevan
  2. Tepat pada waktunya atau timelines
  3. Tepat nilainya atau accurate
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan teknologi menjurus kepada perubahan-perubahan bekerja dan perubahan di dalam organisasi pekerjaan, dan kompetensi yang diperlukan untuk melakukan perubahan. Kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia di perusahaan, diantaranya adalah:
  • Berpikiran kritis,
  • Kompetensi yang bersifat general,
  • Kompetensi di bidang Teknologi informasi dan Komunikasi yang meningkatkan keahlian bekerja.
  • Pengambilan keputusan,
  • Mampu menangani situasi-situasi yang dinamis,
  • Dapat bekerja sebagai seorang anggota suatu regu, dan
  • Mampu berkomunikasi secara efektif.
Internet sebagai Media Komunikasi Bisnis
Internet menjadi suatu media komunikasi yang memegang peranan sangat penting dalam perkembangan bisnis, secara garis besar terdapat tiga aktivitas bisnis utama yang dapat dikomunikasikan lewat internet:
  1. Membangun Produk.
  2. Aktivitas opersional
  3. Pelayanan Jasa
Komunikasi Berbasis Internet
Komunikasi bisnis berbasis internet, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu:
  • Menggunakan e-mail
  • Diskusi melalui Milist (mailing list)
  • Membuat suatu group/komunitas
  • Melalui video konferensi
  • Pesan singkat
  • Telepon berbasis internet, dan
  • Transfer data/dokumen
Teknologi Informasi Meningkatkan Nilai Manfaat bagi Customers
Teknologi informasi dibuat untuk memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpannya dalam bentuk data, mentransformasikannya menjadi informasi dan menyebarkannya kepada para pemakai informasi. Pada saat ini informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, informasi semakin mudah diperoleh tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dalam perkembangannya, Teknologi informasi saat ini memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Membantu manusia dalam meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, problem solving (pemecahan masalah).

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Bisnis
Manajemen proses bisnis merupakan suatu teknologi yang mampu mengintegrasikan dan mengoptimalisasi fleksibilitas dari proses bisnis. Hal tersebut telah dipandang sebagai cara yang tepat untuk meningkatkan performansi perusahaan dengan cara membuat proses-proses kunci berjalan dengan lebih baik. Hal ini termasuk:
  • Memodelkan ketergantungan antar pekerja, sistem, dan informasi.
  • Mengintegrasi dan mengotomatisasi proses-proses yang saling terkait untuk keperluan optimalisasi.
  • Menkoordinasikan dan mengelola end-to-end, proses-proses yang cross-functional, dan bukan merupakan aplikasi yang bersifat tertutup.
  • Melakukan perubahan struktur organisasi untuk membantu perkembangan perilaku baru.

BAB III
PENUTUP

Sebagai kata penutup dari makalah di atas maka kami akan menyimpulkan dari makalah di atas sebagai berikut: bahwa di era globalisasi ini, semua orang, perusahaan, dan sebagainya dituntut untuk dapat menguasai komunikasi dan teknologi informasi. Karena kata ”globalisasi” ini muncul karena datangnya internet di kalangan masyarakat kita. Oleh karena itu, dengan menguasai teknologi informasi khususnya internet, maka kita akan dapat menguasai dunia, dan kita tidak akan mudah dikalahkan oleh orang asing. Karena penguasaan Tekonologi Informasi mahal nilainya.

Begitu juga dalam sebuah perusahaan. Dalam era saat ini adanya tuntutan dalam perusahaan yang berupa: Jumlah data yang besar, kompleksitas data yang besar, perhitungan data yang banyak, kecepatan dan ketepatan waktu. Maka diupayakan peningkatan kualitas perusahaan dengan penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer, sehingga kualitas penyediaan informasi serta transformasi data dapat cepat, accurate dan up to date. Disamping itu efektifitas dan efisiensi kerja akan tercapai, ini akan berdampak pada peningkatan mutu dan performance sebuah perusahaan.

Itulah tadi posting tentang Makalah Komunikasi Dan Teknologi Informasi. terima kasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.