Makalah Manajemen Perkantoran :: Sistem Dan Prosedur Kantor

Makalah Manajemen Perkantoran Tentang Sistem Dan Prosedur Kantor

Contoh Makalah Sistem Dan Prosedur Kantor - Selamat berkunjung kembali di blog Kumpulan Ilmu dan Seputar Informasi Terkini. Melanjutkan posting bertema Contoh Makalah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi posting tentang Contoh Makalah Manajemen Perkantoran dengan tema Sistem Dan Prosedur Kantor yang disusun oleh sobat-sobat dari UNS (Universitas Sebelas Maret Surakarta). Atau mungkin sobat juga ingin sekedar melihat posting sebelumnya tentang "Contoh Makalah Stres Kerja". semoga bermanfaat.

contoh makalah, manajemen, manajemen perkantoran, sistem kantor, prosedur kantor

Beberapa paragraf dibawah hanyalah sekedar sebagian dari makalah yang saya tampilkan, selengkapnya sobat bisa download pada akhir posting.

Definisi Prosedur Kantor

Menurut Jerry Fitzgerald, Ardra F. Fitzgerald dan Warren D. Stallings, Jr., mendefinisikan prosedur sebagai berikut : Suatu prosedur adalah urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan Apa (What) yang harus dikerjakan, Siapa (Who) yang mengerjakannya, Kapan (When) dikerjakan dan Bagaimana (How) mengerjakannya.

George R. Terry juga mengatakan di dalam bukunya yang berjudul Office management and Control (1975;28) “ likewise a procedure can be considered as a series of selected clerical steps, ussualy performed by more than one person. Which constitute an estabilished and accepted way of carrying on an majoe of office activity.” Yang kurang lebih apabila diterjemahkan menjadi “prosedur dapat diartikan sebagai serangkaian tahapan pekerjaan kertas terpilih, biasanya dikerjakan oleh lebih dari satu orang yang merupakan cara-cara yang ditentukan dan dalam mengadakan keseluruhan fase utama dari aktifitas kantor.”

Prinsip-Prinsip Penyusunan Prosedur Kerja

Pada hakekatnya prosedur kerja disusun agar setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya  dengan tahapan yang teratur, dan pada akhirnya dapat diselesaikan menurut limit waktu yang telah ditentukan. Untuk menyusun prosedur kerja ini tentu saja diperlukan proses yang panjang dan dilakukan oleh orang-orang yang telah kompeten di bidangnya.

Apabila kondisi tersebut di atas telah dipenuhi untuk menyusun sesuai prosedur kerja, maka dilaksanakanlah penyusunan prosedur kerja berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :
  • Rasional : Setiap prosedur kerja harus masuk akal dan mudah dipahami, sehingga semua orang sesuai klasifikasinya agar dengan mudah untuk mengerti
  • Sistimatis : Menggungakan urutan kerja yang teratur, yakni mengalir dari tahap pertama dan selanjutnya
  • Bersifat Operasional : Menjelaskan tentang teknis pelaksanaan yang dapat dikerjakan dan dapat bersifat teoritis.
  • Menggunakan Jarak Terpendek : Setiap pekerjaan sedapat mungkin tidak melalui jalur atau jenjang yang panjang
  • Menekankan Kepada Prinsip Kerja : Seemua pekerjaan yang saling berkaitan ditempatkan secara berurutan.

Keuntungan Sistem Dan Prosedur

  1. System dan prosedur menarik sudut pandang keseluruhan yang realistis. System dan prosedur yang modern menpertimbangkan suatu perusahaan sebagai suatu keseluruhan dan menjauhkan dari batasan-batasan, departemen dan memodeli lebih dari model gagassan yang ketinggalan jaman. Masing–masing departemen, divisi, unit, sub unit, mengambil bagian dalam pencapaian tujuan.
  2. Membantu mengurangi pekerjaan yang berulang-ulang dan mengurangi keputusan yang dianggap tidak perlu dilakukan. Dengan menyederhanakan pencapaian dan pengambilan keputusan maka seorang karyawan akan dipandu untuk menunda pekerjaan yang tidak begitu diperlukan dan diganti pekerjaan yang dianggap lebih pentig. Kegiatan ini dilakuklan dengan memperhatikan “ prinsip pengecualian” tentang doktrin menejerial
  3. Keseragam,an aktivitas kerja tercapai. Tugas yang serupa di kerjakan pada cara yang sama pada tiap tiap waktu. Hal ni harus di sertai dengan adanya standarisasi pada penggunaan kertas formulir. Petunjuk-petunjuk, operasi-operasi mesin, kebiasaan kerja dan pengawasan. Sebuah system cenderung untuk menyusun metode jadi setip komponen yang harus diperlukan di kerjakan sesuai urutan dan tempat.
  4. Tingkat kesalahan menjadi berkurang. Panduan akan menjelaskan apa yang harus di lakukan, kesalahpahaman di perkecil, dan tugas lain yang bersamaan waktunya harus dikerjakan. kesalahan yang dilakukan pada umumnya akan diketahui dengan cepat karena pekerjaan melalui pengaduan.
Selengkapnya mengenai makalah Sistem Dan Prosedur Kantor diatas (lengkap mulai sampul s/d daftar pustaka), silakan sobat download, filetype:doc (klik disini)

Itulah tadi posting tentang Contoh Makalah Manajemen Perkantoran. terima kasih atas kunjungannya n jangan bosan-bosan ataupun jenuh untuk berkunjung kembali di blog kumpulan ilmu dan Seputar Informasi Terkini, semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam.